Jawa Pos

Dukung Kawasan Timur

-

SIDOARJO – Rencana pengembang­an kawasan timur menjadi magnet bagi investor. Sejumlah proyek fisik di wilayah Sedati hingga Jabon kini diincar para penanam modal. Untuk memberikan pelayanan kepada investor, pemkab bakal melengkapi sejumlah infrastruk­tur.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mengatakan, ketersedia­an akses menjadi modal utama dalam menggaet investor. Setiap pengusaha pasti mengingink­an jalan mulus dan tidak macet. ’’Sehingga tidak mengganggu arus keluar masuk barang ke perusahaan,’’ ucapnya kemarin.

Menurut dia, pemkab bakal meningkatk­an fasilitas jalan. Misalnya, mengantisi­pasi jalan rusak. Tahun ini 34 ruas jalan bakal dibeton. Lokasinya tersebar. Agoes menuturkan, pengecoran itu bertujuan mengurangi kerusakan jalan. ’’Kalau pakai beton, umur jalan semakin lama. Karena lebih kuat,’’ paparnya.

Di ruas utama Waru–Buduran, pembanguna­n frontage road (FR) terus dikebut. Tahun ini pemkab menyiapkan dana Rp 84 miliar untuk pembebasan lahan FR. Dia menargetka­n seluruh kebutuhan lahan tuntas tahun ini. Dengan begitu, FR bisa segera dibangun tahun depan. Jalan alternatif lain seperti Jalan Lingkar Timur dan Jalan Lingkar Barat juga dibangun.

Selain itu, ketersedia­an air di kawasan timur disiapkan. Yakni, adanya rencana pembanguna­n long storage Kali Mati di Jabon. Sungai yang tadinya mati difungsika­n kembali. Zaini menjelaska­n, Kali Mati bisa menyuplai kebutuhan air PDAM Delta Tirta sebanyak 1.000 liter per detik. ’’Dengan begitu, kebutuhan air tercukupi,’’ jelasnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menjelaska­n, pemkab terus berupaya melengkapi infrastruk­tur di kawasan timur. Dia berharap ketersedia­an akses tersebut bisa menumbuhka­n perekonomi­an di wilayah timur. ’’Sehingga banyak tenaga kerja yang terserap. Warga semakin sejahtera,’’ ucapnya.

Bupati 68 tahun itu menuturkan, kawasan timur Kota Delta dirancang untuk sejumlah peruntukan. Di dekat Juanda, pemkab akan mewujudkan hunian dekat bandara, yakni airport city. Di Candi hingga Jabon, pemkab membangun wilayah industri dan pergudanga­n.

Sementara itu, wakil Ketua DPRD Sidoarjo Taufik Hidayat Tri Yudono mengatakan, pembanguna­n kawasan timur tetap harus memperhitu­ngkan lingkungan. Saat ini kawasan tersebut terkenal dengan tambak. ’’Jangan sampai tambak dihilangka­n,’’ jelasnya. Tambak, lanjut dia, bukan hanya sumber perekonomi­an bagi petambak. Tetapi juga jadi wilayah serapan air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia