Jawa Pos

Sidokepung Aman, tapi Masalah Belum Usai

-

KAPOLRESTA Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mengatakan, proses pilkades serentak berjalan dengan baik. Di beberapa tempat yang semula dianggap rawan gejolak, ternyata pelaksanaa­n pemilihan amanaman saja. Misalnya, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, dan Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo Kota. ’’Sejauh ini amanaman saja, kondusif dan berjalan lancar,” ungkapnya.

Meski sempat muncul permasalah­an di Desa Klantingsa­ri, Kecamatan Tarik, Himawan berharap warga setempat tidak perlu resah. Mereka bisa beraktivit­as seperti biasa. ’’Tidak ada masalah berarti,’’ katanya kemarin (25/3).

Dia mengungkap­kan, meski pilkades serentak selesai, pihaknya tidak akan melepas status atensi. Fokus pengamanan setelah pemilihan adalah penetapan calon Kades yang unggul suara. ’’Masalahnya sudah dikoordina­sikan dengan pemkab. Fokus kami saat ini adalah pengawalan kotak suara,” tuturnya.

Sementara itu, pilkades di Desa Sidokepung berjalan lancar. Mayoritas warga menggunaka­n hak pilihnya. Sebelumnya, di kampung itu dikhawatir­kan terjadi gejolak. Ada seorang calon yang mengajukan gugatan ke pengadilan tata usaha negara (PTUN). Dalam putusannya, PTUN pun memerintah­kan penundaan. Namun, berdasar hasil musyawarah forkopimda, pemkab memilih proses pilkades di Sidokepung tetap berlanjut.

Menurut M. Sholeh, kuasa hukum Samsul Hadi, pihaknya menyayangk­an keputusan pemkab yang terus melanjutka­n pilkades di Sidokepung. Dia mengatakan, seharusnya setiap orang harus tunduk pada keputusan hukum. Ada konsekuens­i pilkades itu tetap dilanjutka­n. Terutama penggunaan anggaran.

Sholeh juga menyebutka­n, pilkades di desa bersangkut­an berpotensi cacat hukum. Seharusnya Sidoarjo berkaca pada kasus serupa di Ngawi. Ada calon yang merasa dicurangi mengajukan gugatan ke PTUN dan pemilihan ditunda. Sholeh sudah berancanga­ncang melawan dengan melaporkan panitia ke kepolisian dan kejaksaan.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TETAP BERLANGSUN­G: Meski PTUN memerintah­kan penundaan, pilkades di Sidokepung tetap berjalan kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS TETAP BERLANGSUN­G: Meski PTUN memerintah­kan penundaan, pilkades di Sidokepung tetap berjalan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia