Laga Perdana, Dafibot Raih Juara Dobel

Jawa Pos - - SOUTH METRO -

SIDOARJO – Moch. Lukman Hakim, Muhammad Rifqi Anwaruddin, dan Azya Dauzy Abyan M. patut berbangga. Baru kali pertama ikut lomba, siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Fikri itu langsung meraih juara pertama dalam lomba bertajuk Java Robot Contest IX di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Predikat best strategy pun mereka raih dalam lomba yang diikuti tim dari berbagai daerah di Indonesia tersebut.

Tim dengan nama Dafibot 24 itu berhasil mengalahkan 26 tim lainnya. ”Saat final, kami sangat grogi. Degdegan sekali,” kata Azya Dauzy Abyan M. saat ditemui di PPTQ Darul Fikri kemarin (27/3) . Bocah 13 tahun yang menjalankan robot manual transporter tersebut harus berhadapan langsung dengan tim lawan. ”Bahagia sekali baru ikut lomba kali pertama dan menang,” lanjut Lukman. Tim yang dibina Anton Widarmono dan Toni Stiawan tersebut hanya memerlukan latihan dan diskusi dalam pembuatan robot selama sebulan.

Saat bertanding, Dafibot 24 tidak sendirian. Ada tim Dafibot 23 dan Dafibot 25. Dua tim tersebut mampu melaju ke babak delapan besar. Dalam babak selanjutnya, mereka harus mengakui keunggulan tim lain. Prestasi tim Rafi Aruna Dzaky, M. Alif Jasir, M. Rayhan Azhar, Ayman Nabil Madani, Zuhair Nashif A., dan M. Abdul Aziz A. itu patut diapresiasi. Sebab, mereka semua juga baru kali pertama mengikuti kontes robot yang diselenggarakan pada 24 sampai 25 Maret tersebut.

Koordinator Tim Pembina Robot Arief Andhi Yudanarko bangga dengan prestasi yang diraih tim Dafibot. Apalagi, ada yang berhasil meraih juara pertama sekaligus best strategy. ”Faktor mental sangat memengaruhi,” lanjutnya.

BOY SLAMET/JAWA POS

KALI PERTAMA LOMBA: Dari kiri, Ayman Nabil, M. Rayhan Azhar, Rafi Aruna Zaki, M. Alf Jasir, M. Rifqi Anwaruddin, M. Lukman Hakim, dan Azya Dauzy dengan robot karya mereka.

Comments

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.