Jawa Pos

Tol Ngawi– Wilangan Diresmikan Hari Ini

-

MADIUN – Satu lagi ruas tol trans-Jawa bakal beroperasi. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Ngawi–Wilangan siang ini. Jalan bebas hambatan sepanjang 51,95 kilometer tersebut merupakan bagian dari tol Ngawi– Kertosono yang total panjangnya mencapai 87,02 km

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementeria­n PUPR Endra S. Atmawidjaj­a menyatakan, beberapa menteri dari Kabinet Kerja bakal turut hadir pada peresmian nanti. ”Presiden akan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o, Menkeu Sri Mulyani, dan Menhub Budi Karya Sumadi. Kami juga mengundang Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil karena di ruas ini cukup banyak pembebasan lahannya,” katanya kemarin (28/3).

Endra menjelaska­n, tol itu terdiri atas 4 km bagian ruas Solo– Ngawi dan 47,95 km bagian ruas Ngawi–Kertosono. ”Tol yang diresmikan nanti merupakan bagian dari dua BUJT (badan usaha jalan tol). PT SNJ untuk ruas Solo–Ngawi dan PT NKJ untuk ruas Ngawi–Kertosono,” terangnya.

Tol Ngawi–Wilangan direncanak­an langsung mengadopsi dua opsi rasionalis­asi tarif tol. Yakni dengan perpanjang­an konsesi dari 35 tahun menjadi 50 tahun sehingga tarif yang mulanya Rp 1.200 per km menjadi Rp 1.000 per km untuk golongan I. Opsi lainnya yang akan diadopsi adalah grouping golongan III–V menjadi golongan III dengan tarif dua kali tarif golongan I.

Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) Iwan Moedyarno mengatakan, tarif tidak akan langsung diterapkan. Tapi melalui proses uji coba terlebih dahulu selama 10–12 hari. ”Kalau Kamis diresmikan, mungkin Sabtu pagi atau Jumat sore dibuka. Setelah 10 sampai 12 hari baru diberlakuk­an tarif,” jelas dia.

Beroperasi­nya seksi 1–3 Ngawi– Wilangan praktis tinggal menyisakan seksi 4 Wilangan– Kertosono. Ruas tol sepanjang 37,51 km itu direncanak­an beroperasi akhir 2018. Namun, untuk keperluan mudik hari raya, tol tersebut akan dibuka dengan status fungsional. Dengan dioperasik­annya sebagian tol Ngawi–Kertosono dan menyusul diresmikan­nya Solo–Ngawi, jalur Semarang hingga Surabaya akan semakin lancar. Sebelumnya dua ruas tol Surabaya–Mojokerto dan Mojokerto–Kertosono telah beroperasi.

 ?? WS HENDRO FOR JAWA POS ?? DITUNGGU-TUNGGU:
Foto interchang­e gerbang tol Madiun di Desa Bagi, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, yang dipotret pada Selasa malam (27/3). Itu merupakan bagian dari ruas tol Ngawi-Wilangan yang akan diresmikan Presiden Jokowi hari ini.
WS HENDRO FOR JAWA POS DITUNGGU-TUNGGU: Foto interchang­e gerbang tol Madiun di Desa Bagi, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, yang dipotret pada Selasa malam (27/3). Itu merupakan bagian dari ruas tol Ngawi-Wilangan yang akan diresmikan Presiden Jokowi hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia