Jawa Pos

Jadi Fitnah karena Kemiripan Wajah

-

MENCUATNYA kasus dugaan penipuan yang dilakukan biro perjalanan haji dan umrah Abu Tours ternyata diikuti kabarkabar yang keliru. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera ikut kena dampaknya. Wasekjen PKS itu dituding pernah bersama bos Abu Tours melakukan kegiatan politik.

Tudingan tersebut muncul karena adanya foto Mardani bersama seseorang berambut cepak. Dalam foto itu, Mardani dan pria yang disebut sebagai bos Abu Tours Abu Hamzah sedang memegang kaus bertulisan #GantiPresi­den2019. Sontak beberapa netizen yang menerima kiriman foto itu menyebarka­n kembali dengan kalimat-kalimat sinis.

”Setelah berhasil menipu jamaah umrah, sekarang mau menipu rakyat Indonesia,” begitu status yang diunggah akun Facebook Arifianto. Bukan hanya akun-akun netizen biasa. Akun gosip kelas wahid seperti Lambe Turah juga ikut-ikutan menyebarka­n foto Mardani yang disebut tengah bersama Abu Hamzah. ”Setelah beredar Abu Tours Sponsor Acara 212, Kini Beredar Foto Bos Abu Tours dan Wasekjen PKS Bawa Kaos #GantiPresi­den2019.” Begitulah caption yang diunggah akun Twitter @ makLambeTu­rah.

Bukan hanya itu. Sekelas Ade Armando juga sempat mengunggah foto yang sama. Namun, Ade tidak nyinyir. Dia mendorong Mardani maupun alumni 212 untuk memberikan klarifikas­i jika apa yang ada dalam foto tersebut benar.

Yang di-posting Ade dan netizen lainnya ternyata bersumber dari situs berita Arrah- mah News. Berita itu kini sudah lenyap. Mardani pun bereaksi lewat akun Twitternya. Menurut dia, berita yang beredar itu bukan hanya hoax, tapi sudah termasuk fitnah. ”Unsur pidananya jelas loh. Itu foto Sabtu (24/3). Saya sebagai pembicara kepemimpin­an, lalu sesi akhir berfoto dengan kader bernama Zakaria,” kata Mardani. Penjelasan Mardani sangat masuk akal karena pada saat dia hadir di acara itu, bos Abu Tours sudah ditangkap polisi.

Lantas, siapa pria yang bersama Mardani itu? Ternyata dia merupakan kader PKS bernama Zakaria Maulana Arif. Pemilik akun Twitter @airakaz. Akibat beredarnya fotonya dengan Mardani yang dilabeli sebagai pemilik Abu Tours, banyak yang bertanya langsung ke Zakaria. Terutama kaitannya dengan bisnis umrah. ”Saya tidak ditahan polisi, saya tidak bisnis umrah,” katanya.

Lantaran adanya foto keliru itulah, isu terkait bos Abu Tours makin liar disangkutk­an ke ranah politik. Ada yang mengaitkan bahwa pria asal Makassar tersebut merupakan pendukung Gubernur Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno. Pengaitan itu mungkin karena status Mardani merupakan ketua tim pemenangan Anies-Sandi dalam pilgub DKI Jakarta lalu.

Atas kasus itu, media Arrahmah News langsung meminta maaf kepada Mardani lewat akun Twitter-nya. Arrahmah mengaku membuat berita itu dengan sumber dari posting-an sejumlah akun media sosial. Mardani membalas permintaan maaf tersebut dengan mengatakan memaafkan secara pribadi. Dia meminta Arrahmah klarifikas­i langsung ke Zakaria karena dia yang paling dirugikan.

 ??  ??
 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia