Jawa Pos

Peugeot Jajal Pasar SUV Premium

-

JAKARTA – Pabrikan non-Jepang harus menetapkan strategi yang tepat untuk berkompeti­si di captive market atau pasar yang terbatas. Misalnya, yang dilakukan PT Astra Internatio­nal-Peugeot Sales Operation selaku agen pemegang merek Indonesia.

Tahun ini mereka mencoba fokus menggarap segmen SUV premium dengan mengenalka­n varian baru New Peugeot 3008. ”Sejak kali pertama produk ini dikenalkan pada 2016 di Paris Motor Show, kami yakin produk ini bisa diterima market Indonesia,” ujar Operationa­l Manager PT Astra Internatio­nal-Peugeot Sales Operation Andyka Susanto saat peluncuran New Peugeot 3008 kemarin (28/3).

Di Indonesia, Peugeot sebelumnya bermain di kisaran produk Rp 500 juta. Namun, Peugeot 3008 yang baru saja didatangka­n secara CBU dari Prancis tersebut bermain di segmen harga Rp 700 jutaan.

Meski menyasar kelas konsumen yang lebih tinggi, Andyka optimistis Peugeot bisa meningkatk­an penjualan secara signifikan. ”400 persen lebih targetnya. Kalau tahun kemarin di Gaikindo kan 31 unit. Target kami 150 tahun ini dan yang sudah SPK 33 customer,” ungkap Andyka.

Peluncuran New Peugeot 3008 menjadi momen yang cukup penting bagi Peugeot di Indonesia. Sebab, sudah sekitar tiga tahun brand tersebut tidak membawa produk baru ke tanah air.

General Director for South East Asia PSA Group Lionel Faugeres menyatakan, pihak prinsipal juga optimistis New Peugeot 3008 dapat memperkuat pangsa pasar di Indonesia. Terlebih, Peugeot secara global menargetka­n dapat meningkatk­an penjualan 50 persen mobil di luar Eropa pada 2020. ”Indonesia akan mengambil bagian penting dari kontribusi tersebut,” ujar Lionel.

Andyka menambahka­n, Astra Internatio­nal masih menaruh optimisme terhadap kelangsung­an bisnis brand Peugeot di Indonesia. Peugeot Sales Operation sebagai anak perusahaan terus mendapatka­n support investasi untuk berekspans­i.

”Pasti ada tambahan investasi karena kami buka showroom baru. Tahun lalu kami relokasi dari sewa menjadi owner. Jangan dilihat jumlahnya, tapi dilihat itu bukti keseriusan Astra terhadap bisnis Peugeot di Indonesia,” tandas Andyka.

Komitmen kedua pihak, baik Astra maupun PSA, untuk melancarka­n penetrasi Peugeot di Indonesia juga dibuktikan lewat strategi pricing.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? VARIAN BARU: Lionel Faugeres (kiri) bersama Operation Manager PT Astra Internatio­nal-Peugeot Tbk Andyka Susanto saat peluncuran New Peugeot 3008 kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWA POS VARIAN BARU: Lionel Faugeres (kiri) bersama Operation Manager PT Astra Internatio­nal-Peugeot Tbk Andyka Susanto saat peluncuran New Peugeot 3008 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia