Jawa Pos

WNI Korban Pembunuhan di Kamboja

Pelaku WN Amerika, KBRI Awasi Penyidikan

-

JAKARTA – Seorang WNI bernama Enen Cahyati, 48, ditemukan dalam keadaan tewas di sebuah kamar di Hometown Suite Hotel, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (25/3). Enen diketahui dibunuh suaminya yang berkebangs­aan Amerika Serikat (AS) Bilal Abdul Fateen. Berdasar laporan polisi setempat, perempuan asal Jakarta Selatan itu tewas tiga hari sebelum ditemukan.

Media Kamboja melaporkan, menurut saksi, Enen dan Bilal menyewa kamar itu sejak 19 Maret. Kasus tersebut terungkap setelah tercium bau busuk dari dalam kamar hotel nomor 172 yang mereka tempati. Kamar itu lalu didobrak petugas dan ditemukan sosok Enen yang telah tewas.

Direktur Perlindung­an WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementeria­n Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, KBRI Phnom Penh mengetahui kejadian tidak lama setelah kepolisian membuka paksa kamar hotel. ”KBRI berkoordin­asi dengan rumah sakit untuk mengetahui hasil visum yang diperkirak­an masih akan membutuhka­n waktu,” kata Iqbal kemarin (28/3).

Iqbal menegaskan, KBRI akan mengawal proses hukumnya untuk memastikan terduga pelaku serta motif pembunuhan segera terungkap. Sejauh ini, proses hukum berupa penyidikan masih berlangsun­g di kepolisian setempat. Pihak Kemenlu juga telah menginform­asikan perkembang­an terbaru ke keluarga korban. ”Senin (26/3) Kemenlu juga sudah bertemu dengan ibu dan kakak almarhumah di Jagakarsa, Jakarta Selatan,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia