Jawa Pos

Didi Masih Bingung

-

DI antara tim unggulan Piala Dunia 2018, Prancis punya kedalaman skuad paling bagus. Usia rata-rata skuad Les Bleus saat ini juga paling muda alias 25,6 tahun. Hal itu membuat entraineur Prancis Didier Deschamps memiliki banyak variasi taktikal.

Namun, dari dua uji coba internasio­nal terakhir, Didi sepertinya masih kebingunga­n dengan formasi yang cocok untuk Les Bleus. Saat kalah 2-3 dari Kolombia di Stade de France (24/3), Prancis bermain dengan 4-2-3-1. Tapi, Didi mengubahny­a menjadi 4-3-3 kala runner-up Euro 2016 tersebut menang 3-1 atas Rusia di Krestopvsk­y Stadium kemarin dini hari WIB (28/3).

Kylian Mbappe yang mencetak dua gol ke gawang Rusia terlihat nyaman dengan 4-3-3 meski diposisika­n sebagai penyerang tengah. Mbappe diapit Ousmane Dembele dan Anthony Martial yang sama-sama punya kecepatan dalam melakukan penetrasi.

Skema tersebut sekaligus mengakomod­asi potensi Paul Pogba yang juga mencetak gol free kick cantik. Hanya, formasi melawan Rusia meninggalk­an Antoine Griezmann dan Thomas Lemar di bench.

Didi juga belum menemukan kuartet back four andalan. Samuel Umtiti sepertinya menjadi satu-satunya bek yang sudah aman. ”Kami selalu menciptaka­n peluang saat bermain dengan strategi apa pun (dalam dua uji coba internasio­nal terakhir, Red),” ucap Didi seperti dilansir TF1.

”Kami yakin akan menemukan formula yang tepat sebelum Piala Dunia,” imbuh pelatih yang menangani Les Bleus sejak 2012 tersebut. Prancis menyisakan tiga uji coba lagi sebelum ke Rusia. Antara lain, menghadapi Irlandia (29/5), Italia (2/6), dan AS (10/6).

 ?? ANATOLY MALTSEV/EPA-EFE ?? BRACE: Kylian Mbappe melepaskan tembakan dalam kepungan Roman Neustaedte­r (kiri) dan Vladimir Granat di Krestovsky Stadium.
ANATOLY MALTSEV/EPA-EFE BRACE: Kylian Mbappe melepaskan tembakan dalam kepungan Roman Neustaedte­r (kiri) dan Vladimir Granat di Krestovsky Stadium.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia