Jawa Pos

Hari Bahagia Para Debutan

-

PENANTIAN Marcos Alonso berakhir. Kemarin dini hari WIB (28/3), pemain Chelsea itu memainkan caps pertama untuk Spanyol. Alonso ikut merasakan kemenangan 6-1 La Furia Roja atas Argentina setelah menggantik­an Jordi Alba sebelas menit terakhir.

Alonso mengikuti jejak kakeknya, Marcos Alonso Imaz, dan ayahnya, Marcos Alonso Pena, yang pernah mengenakan jersey La Furia Roja. Bedanya, debut Alonso paling telat.

Kakek dan ayahnya kali pertama membela timnas pada usia 22 tahun atau lima tahun lebih muda daripada Alonso. Kakeknya pada 17 Maret 1955 melawan Prancis dan ayahnya pada 25 Maret 1981 menghadapi Inggris. ’’Silakan Anda sebut (debut) ini telat. Yang penting, saya sudah di sini (membela timnas Spanyol),’’ ujar Alonso dalam wawancara dengan Marca.

’’(Semoga) caps pertama ini menjadi jalan bagi saya untuk beradaptas­i dengan cepat dan bisa bermain lebih banyak (bagi timnas Spanyol),’’ imbuhnya.

Sejarah mencatat, Alonso adalah pemainketu juhyangm engikutije­jak k akekdanaya­h nyabermain­d itimnas. Sebelumnya, ada Diego Forlan (Uruguay) ,JavierHern­andez(Meksiko) ,WarrenFeen­ey(IrlandiaUt­ara), Andre Schembri (Malta ), Vladimir Weiss(Slovakia),danHaz emEmam yang membela Mesir.

Selain Alonso, Lewis Cook juga menjalani debut bersama Inggris kemarin. Gelandang 21 tahun Bournemout­h terseb ut masuk untuk menggantik­an Jesse Lingard pada menit ke-71 saat The Three Lions ditahan 1-1 Italia di Wembley Stadium.

Debut Cook pun disambut suka cita sang kakek, Trevor Burlingham. Sebab, tiga tahun lalu, Burlingham be rtaruh di William Hill bahwa cucunya akan melakoni debut b ersama Inggris sebelum berusia 26 tahun. Saat itu, Burlingham mema sang GBP 500 (Rp 9,7 juta) dengan koefisien taruhan 33:1. Artinya, Burlingam berhak memenangka­n uang GBP 17 ribu (Rp 330,9 juta) atau 34 kali lipatnya.

 ?? FRANCISCO SECO/AP PHOTO ?? AWAL POSITIF: Marcos Alonso (kiri) berduel dengan bek Argentina Marcos Rojo (tengah) pada laga kemarin.
FRANCISCO SECO/AP PHOTO AWAL POSITIF: Marcos Alonso (kiri) berduel dengan bek Argentina Marcos Rojo (tengah) pada laga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia