Jawa Pos

Desain Futuristis hingga Klasik

-

DUA belas stadion yang tersebar di sebelas kota penyelengg­ara memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya dari aspek desain stadion hingga level keramahan lingkungan. Menurut situs resmi FIFA, tiga stadion Piala Dunia 2018 macam Stadion Luzhniki di Moskow, Stadion Spartak Moscow, dan Kazan Arena memenuhi standar ramah lingkungan BREEAM (Building Research Establishm­ent Environmen­tal Assessment Method).

Sertifikas­i stadion oleh BREEAM itu meliputi beberapa kategori penilaian. Misalnya bangunan yang memiliki dampak minimal pada lingkungan. Terutama soal pembuangan limbah. Lalu, bangunan tersebut juga bisa mengurangi pemakaian air dan energi.

Untuk syarat tersebut, Stadion Luzhniki yang dipakai untuk menggelar partai pembukaan dan final Piala Dunia 2018 punya syarat ramah lingkungan. Stadion itu punya alat untuk mengontrol suhu udara, sirkulasi udara melalui ventilasi, hingga pendingin udara di satu titik. Kemudian, untuk penerangan, dipakailah lampu LED (light emitting diode) di semua titik.

”Stadion adalah kunci dari usaha FIFA untuk Piala Dunia yang sukses dan berkelanju­tan. Karena itu, FIFA membuat sertifikas­i wajib ramah lingkungan untuk semua event yang dijalankan,” kata Head of Sustainabi­lity & Diversity FIFA Federico Addiechi.

Selain desain yang futuristis dan ramah lingkungan, Stadion Luzhniki yang rampung renovasi November lalu masih mempertaha­nkan tetenger klasiknya. Misalnya patung mantan pen- guasa Uni Soviet Vladimir Lenin. Patung tersebut masih berdiri di depan stadion.

Nah, kalau Stadion Luzhniki bergaya klasik, Stadion Krestovsky yang ada di St Petersburg tampil futuristis. Kisho Kurokawa, arsitek Stadion Krestovsky, mendesain stadion itu bak pesawat luar angkasa.

The Guardian menyebut Stadion Krestovsky sebagai salah satu stadion paling mahal di dunia. Rumornya, pembanguna­n stadion di Pulau Krestovsky tersebut menghabisk­an biaya USD 1,5 miliar (Rp 20,64 triliun). Pembanguna­n memakan waktu delapan tahun.

Lantas, ada juga stadion dengan layar terbesar di dunia, yakni Kazan Arena. Layar yang merupakan panel LED dan menempel di stadion itu punya luas 4.030 meter persegi.

 ?? ANATOLY MALTSEV/EPA ?? MIRIP UFO: Penampakan Stadion Krestovsky. Stadion ini memang dirancang dengan desain futuristis.
ANATOLY MALTSEV/EPA MIRIP UFO: Penampakan Stadion Krestovsky. Stadion ini memang dirancang dengan desain futuristis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia