Jawa Pos

Wasit Maulana Diskors

-

PEKAN pertama Liga 1 belum bersih dari insiden. Yang mengemuka adalah kepemimpin­an wasit Maulana Nugraha saat Bali United menjamu PSMS Medan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/3). Dia hanya menjatuhka­n kartu kuning kepada pemain Bali United Nick van der Velden yang melakukan tendangan kungfu kepada penyerang PSMS Sadney Urikhob pada menit ke-83.

Pelanggara­n tersebut sangat berbahaya. Bahkan, Sadney sempat mengerang kesakitan dan mendapat perawatan intensif di pinggir lapangan. ’’Memang ada kejadian ekstrem dan itu jadi perhatian kami,’’ kata Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Berdasar laporan dari komisi wasit, PSSI menonaktif­kan wasit Maulana untuk sementara. ’’Dia (Maulana, Red) akan kami evaluasi,’’ ujarnya.

Selain itu, ada beberapa pelanggara­n yang dinilai tak terlalu ekstrem. ’’Kami akan bawa laporan itu ke komite disiplin. Saya lupa. Yang jelas, ingat kalau positif-positif saja,’’ ucapnya.

Yang terbaru adalah kasus ujaran tidak pantas dari pemain Persija kepada Viking, suporter Persib Bandung. Hal itu terekam dalam video berdurasi 24 detik yang menyebar di media sosial. ’’Kami bakal menyerahka­n kasus tersebut ke komite disiplin,’’ tutur Joko.

Joko memastikan tidak akan memakai jasa wasit asing musim ini. ’’Kami tetap menggunaka­n tenaga asing untuk developmen­t wasit,’’ jelasnya.

 ?? ALIT BINAWAN/JAWA POS RADAR BALI ?? DISOROT: Wasit Maulana Nugraha saat memimpin laga Bali United melawan PSMS Medan (24/3).
ALIT BINAWAN/JAWA POS RADAR BALI DISOROT: Wasit Maulana Nugraha saat memimpin laga Bali United melawan PSMS Medan (24/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia