Jawa Pos

Pengambila­lihan Aset Percepat Revitalisa­si

-

SURABAYA – Menanggapi keluhan revitalisa­si Pasar Tunjungan yang tak juga terlaksana, anggota Komisi B DPRD Surabaya Achmad Zakaria menyampaik­an usulannya. Dia menyaranka­n adanya skema pengambila­lihan aset PD Pasar Surya. Melalui skema tersebut, revitalisa­si bisa cepat direalisas­ikan.

Pengambila­lihan itu dapat terjadi melalui pengajuan PD Pasar Surabaya kepada wali kota dan persetujua­n ketua DPRD. PD Pasar bisa menuliskan permohonan mana saja aset yang dikembalik­an. Dalam hal tersebut adalah Pasar Tunjungan. Setelah diusulkan dan disetujui wali kota beserta ketua DPRD, pemkot bisa langsung membangun kembali Pasar Tunjungan. Caranya, memasukkan anggaran dalam APDB murni pemkot 2019

’’Dengan skema itu, proses revitalisa­si bisa dibangun paling lambat selama dua tahun,’’ jelasnya.

Setengah tahun digunakan untuk pengembali­an aset. Setengah tahun lagi untuk rancangan anggaran ke APBD. Sisanya, selama setahun, dipakai untuk pelaksanaa­n pembanguna­n. Setelah rampung, bangunan tersebut bisa diserahkan kembali oleh pemkot ke PD Pasar Surya.

Model pengambila­lihan aset itu, menurut Zakaria, merupakan cara paling cepat yang bisa diimplemen­tasikan ketimbang skema-skema sebelumnya. Termasuk usulan penyertaan modal baru ke PD Pasar Surya yang tentu membutuhka­n waktu jauh lebih lama. Kondisi PD Pasar Surya yang tidak sehat bakal membuat pemkot enggan mengucurka­n dana kembali. Selain itu, kosongnya jabatan direktur utama membuat proses pertanggun­gjawaban penyertaan modal tersebut tidak bisa dilaksanak­an.

Sebagai rencana jangka panjang, Zakaria menuturkan bahwa pemkot bisa mencoba model badan layanan umum daerah (BLUD) untuk pengelolaa­n pasar. Langkah tersebut penting agar pemkot punya kewenangan lebih untuk mengatur pasar.

Sementara itu, Jalil Hakim –salah seorang pemilik hak pakai stan Pasar Tunjungan– mengaku tidak peduli dengan kasus yang membelit PD Pasar Surya. Yang dia tahu, janji pemkot untuk segera melakukan revitalisa­si Pasar Tunjungan harus segera terwujud.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BELUM JELAS: Kondisi bagian depan Pasar Tunjungan. Pedagang ingin pasar segera direvitali­sasi.
DITE SURENDRA/JAWA POS BELUM JELAS: Kondisi bagian depan Pasar Tunjungan. Pedagang ingin pasar segera direvitali­sasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia