Jawa Pos

Berencana Bangun Lokasi Pengelolaa­n Limbah Medis

-

SURABAYA – Pemkot bakal menyiapkan lahan khusus untuk pengelolaa­n limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) rumah sakit. Langkah tersebut dijalankan untuk menampung limbah medis yang selama ini belum dikelola secara optimal.

Wali Kota Tri Rismaharin­i menyatakan, tempat pengelolaa­n limbah B3 rumah sakit tersebut dibangun tahun depan. Saat ini pihaknya akan mengusulka­n anggaran itu ke DPRD. ”Perkiraan anggaranny­a Rp 100 miliar,” jelasnya.

Tempat pengelolaa­n limbah B3 rumah sakit tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektare. Lokasi itu bisa menampung 50 ton limbah setiap hari. Daya tampung tersebut, menurut Risma, lebih dari cukup jika sekadar menampung limbah medis. Dia memprediks­i, setiap hari limbah medis di Surabaya mencapai 4 ton.

Pemkot membangun lokasi pengelolaa­n sampah khusus itu setelah menyadari bahwa tempat pengelolaa­n limbah medis saat ini masih minim. Padahal, jumlah rumah sakit yang beroperasi di Surabaya cukup banyak.

Selama ini, selain dikelola secara mandiri, Pemkot Surabaya mengirimka­n limbah tersebut ke Cileungsi, Bogor. ”Nah, dengan pengelolaa­n secara mandiri, pemkot ke depan tidak bergantung lagi pada daerah lain,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Surabaya Baktiono mendukung penuh langkah pemkot untuk membangun lokasi khusus pembanguna­n limbah B3. Sebab, saat ini Surabaya sangat membutuhka­n sistem pengelolaa­n limbah berbahaya tersebut.

Terkait pendanaan, anggaran Rp 100 juta yang diajukan pemkot sangat bisa terealisas­i. Sebab, alokasi ABPD Surabaya cukup besar.

Nah, dengan pengelolaa­n secara mandiri, pemkot ke depan tidak bergantung lagi pada daerah lain.’’

TRI RISMAHARIN­I Wali Kota Surabaya

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BUTUH TEMPAT: Polisi menyita limbah B3 rumah sakit yang akan dibuang. Rencananya, pemkot membangun tempat pembuangan yang mampu menampung 50 ton limbah per hari.
DITE SURENDRA/JAWA POS BUTUH TEMPAT: Polisi menyita limbah B3 rumah sakit yang akan dibuang. Rencananya, pemkot membangun tempat pembuangan yang mampu menampung 50 ton limbah per hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia