Jawa Pos

Kreatif dengan Make-up Fantasi

Ujian Kelulusan Sekolah Kecantikan

-

SURABAYA – Bagi calon make-up artist (MUA), bukan hanya dandanan cantik yang harus dikuasai. Keahlian membuat riasan fantasi pun perlu dipelajari. Sebab, ketika sudah terjun ke dunia kerja, bukan tak mungkin mereka mendapat permintaan untuk membuat model make-up yang unik.

Kemarin (28/3) para siswa Mizzu Beauty Foundation di Lenmarc Mall lantai LG mengikuti tahapan ujian kelulusan yang terakhir. Yakni membuat make-up karakter. Mereka diminta mengeluark­an kreasi sendiri-sendiri dengan model yang sudah disediakan.

Nina Novinasari misalnya. Dalam ujian tersebut, dia membuat riasan berbentuk dramatic look. Tak banyak warna yang digunakan. Tapi cukup untuk memberi kesan tegas dan powerful. ’’Saya menyesuaik­an wajah model,’’ ujarnya.

Jessyca Fellycia, model Nina, memiliki bentuk rahang yang tajam. Begitu pula sorot matanya. Karena itu, Nina memberikan dandanan yang membuat karakter wajah modelnya semakin kuat.

Untuk alas bedak, Nina menggunaka­n warna sawo matang yang lebih gelap dari kulit asli model. Kemudian, mengaplika­sikan teknik contouring dengan bronzer dan highlighte­r untuk semakin mempertega­s beberapa bagian wajah.

Kreasi Nina yang paling menonjol ada di bagian mata. Dia menggunaka­n perwarna merah di sekitar mata model. Membuatnya seperti topeng yang garang. Selanjutny­a, dia menambahka­n maskara dan pewarna alis berwarna hitam agar lebih kontras.

Karena bagian mata sudah sangat mencolok, Nina tidak lagi meng- gunakan warna terang sebagai pemulas bibir. Dia memilih lipstik berwarna nude yang sangat dekat dengan warna kulit. ’’Lalu ditambah sedikit yang glossy supaya terkesan segar,’’ imbuhnya.

Untuk menciptaka­n riasan, para MUA tak boleh sekadar mengikuti tren. Tapi juga menampilka­n karakter masing-masing. Misalnya Nina. Dia lebih suka riasan yang memberikan kesan sexy glam. ’’Terutama di bagian mata,’’ ungkapnya. Setelah lulus, perempuan asli Surabaya itu mengaku ingin terus belajar agar menjadi MUA profesiona­l.

Owner Mizzu Beauty Foundation Suzanne Mizzu menuturkan, make-up karakter merupakan salah satu syarat kelulusan. Selain make-up bridal dan party. Harapannya, ketika lulus nanti, para siswa sudah siap dengan berbagai permintaan rias. ’’Kreativita­s dan kerapian menjadi nilai utama,’’ ujarnya saat menerangka­n poin penilaian ujian.

Menurut Suzanne, make-upkarakter memang lebih sulit. Selain pilihan warna yang banyak, harus disesuaika­n dengan aksesori yang dikenakan model .’ Jangan sampai warnanggak kontras,’ imbuhnya.(ant/c19/jan)

 ??  ?? BERKARAKTE­R: Penampilan Vanela Graine (kiri) dan tiga model lainnya berubah setelah didandani oleh calon MUA lulusan sekolah make-up Mizzu Beauty Foundation.
BERKARAKTE­R: Penampilan Vanela Graine (kiri) dan tiga model lainnya berubah setelah didandani oleh calon MUA lulusan sekolah make-up Mizzu Beauty Foundation.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia