Jawa Pos

Bebaskan 56 Rumah di Bulak

Hasil Pengukuran Pembebasan Lahan JLLT

-

SURABAYA – Proses pembebasan lahan untuk Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) mulai dilangsung­kan di Kecamatan Bulak. Kemarin (28/3) petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya melakukan pengukuran berdasar peta terdampak.

Pengukuran dilangsung­kan di RT 4, RW 4, Kelurahan Bulak. Semula, 59 rumah dinyatakan terdampak. Namun, saat dicek hanya ada 56 bidang yang bakal dibebaskan. Termasuk sebuah masjid.

Warga tidak masalah dengan adanya pembebasan tersebut. Mereka berharap pemkot adil terkait ganti rugi lahan dan bangunan. ’’Masjid ini kami bangun sendiri. Tanahnya beli dari hasil sumbangan sukarela,’’ ujar Endang, salah seorang warga.

Pengukuran sepenuhnya dilakukan DPUBMP. Pihak kelurahan dan kecamatan hanya bertugas menyerahka­n data secara kolektif. ’’Untuk saat ini hanya pengukuran,’’ kata Kasi Ketertiban dan Pembanguna­n Kelurahan Bulak Sukardji saat mendamping­i petugas ukur.

Namun, pembebasan bukan tanpa kendala. Beberapa tanah di Kecamatan Bulak yang akan dilalui JLLT masih bersengket­a. Sengketa terjadi antara pemilik pertama dan warga yang membeli lahan secara kavlingan. ’’Itu dikhawatir­kan memperlamb­at pembebasan,’’ kata Sukardji.

Sementara itu, kelurahan lain yang dilintasi JLLT mulai mengambil ancang-ancang terkait pembebasan lahan. Misalnya, Kelurahan Wonorejo. Lurah Etty Winarti mengatakan, di wilayahnya terdapat 108 persil yang akan dilintasi JLLT. Dia menyebutka­n, warga sudah mengetahui rencana pemkot tersebut. ’’Warga telah dikumpulka­n, tetapi belum sampai ke penawaran harga,’’ ucap Etty.

Hal serupa terjadi di perbatasan Sidoarjo-Surabaya, Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Lurah Amalia menuturkan, warganya juga sudah diberi sosialisas­i. ’’Kami tahunya pengerjaan JLLT nanti dari utara lebih dulu,’’ tuturnya.

Pembanguna­n JLLT ditargetka­n tuntas pada 2019. Lebih dari 700 persil harus dibebaskan untuk merealisas­ikan jalan selebar 60 meter tersebut. Akses itu membentang dari Gunung Anyar hingga Kenjeran.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? LOKASI PEMBANGUNA­N : Sukardji (kiri) menjelaska­n kepada warga tentang rumah yang dilintasi JLLT saat pengukuran bidang kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS LOKASI PEMBANGUNA­N : Sukardji (kiri) menjelaska­n kepada warga tentang rumah yang dilintasi JLLT saat pengukuran bidang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia