Jawa Pos

Diresmikan, Banyak Yang Inden Lokaphala

-

SIDOARJO – Setelah 15 tahun terabaikan, Gedung Lokaphala akhirnya ”hidup” lagi. Bahkan, sudah banyak lembaga dan warga yang mengantre untuk menggunaka­n gedung yang terletak di jantung Kota Krian tersebut. Baik untuk kegiatan sekolah, acara keagamaan, maupun hajatan pernikahan.

Permintaan itu diajukan jauh-jauh hari. Bukan hanya beberapa saat setelah proses revitalisa­si rampung. Tapi, juga ketika gedung yang dibangun kembali dengan anggaran Rp 7,5 miliar tersebut masih dibangun. ”Gedung Lokaphala kembali menjadi idola masyarakat. Sudah banyak yang antre untuk menggunaka­nnya. Tapi, kami belum bisa menjawabny­a ketika ada yang bertanya retribusin­ya,” ungkap Camat Krian Agustin Iriani.

Mantan camat Balongbend­o itu menyebut, yang antre, antara lain, salah satu SMK swasta, BRI Wonoayu, dan kantor Kementeria­n Agama. Juga masyarakat dari Krian dan wilayah Driyorejo, Gresik. ”Kami berharap segera ada penetapan retribusin­ya. Sehingga gedungnya bisa segera dimanfaatk­an,” katanya.

Gedung Lokaphala pernah menjadi primadona. Sayang, gedung yang dibangun pada 1986 itu kemudian rusak dan terabaikan sejak awal 2000-an. Tahun lalu pemerintah Kabupaten Sidoarjo memutuskan merevitali­sasinya.

Kemarin (28/3) Lokaphala diresmikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuiddi­n. Dia langsung meminta tim perumus Pemkab Sidoarjo segera menentukan retribusin­ya. ”Tentu retribusin­ya jangan sampai memberatka­n atau membebani masyarakat,” ujarnya.

Nur Ahmad juga meminta pihak Kecamatan Krian serta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang untuk menambah fasilitas. Gedung Lokaphala. ”Yang ada ini difungsika­n dulu. Nanti ditambah lahan parkir dan pendingin ruangan,” pesannya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? YANG PESAN SUDAH ANTRE: Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menandatan­gani prasasti peresmian Gedung Lokaphala kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS YANG PESAN SUDAH ANTRE: Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menandatan­gani prasasti peresmian Gedung Lokaphala kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia