Jawa Pos

MESIN SELECAO SUDAH PANAS

-

BERLIN – Brasil adalah satusatuny­a tim yang mampu memenangi Piala Dunia kala dihelat di negara Eropa. Selecao melakukann­ya pada edisi 1958 di Swedia. Lalu, apakah Piala Dunia 2018 di Rusia bisa ditaklukka­n Brasil?

Berkaca dari hasil dua uji coba internasio­nal sepekan terakhir, tim asuhan Tite itu menunjukka­n statusnya sebagai unggulan utama di Piala Dunia

2018. Kegagalan meraih juara saat menjadi tuan rumah empat tahun lalu, tampaknya, ingin dibayar lunas di Rusia pada 14 Juni sampai 16 Juli mendatang.

Setidaknya, Brasil sudah sukses melakukan revans atas Jerman, tim yang menghentik­an langkah mereka dalam semifinal Piala Dunia 2014. Di Olympiasta­dion, Berlin, kemarin dini hari WIB (28/3), gol Gabriel Jesus pada menit ke-37 memastikan kemenangan 1-0 Selecao atas Die Mannschaft.

Kemenangan itu pun diraih saat Selecao masih kehilangan superstar utama mereka, Neymar, karena mengalami cedera metatarsal kelima kaki kanan. Philippe Coutinho yang mengisi posisi Neymar kemarin maupun Douglas Costa saat Brasil menang 3-0 atas Rusia (23/3) bermain sama bagusnya.

’’Saya pikir Coutinho adalah pemain dengan level yang sama dengan Neymar. Coutinho memiliki pengaruh yang masif bagi tim kami,’’ ucap Dani Alves, bek kanan Brasil yang dipercaya sebagai kapten tim kemarin, seperti dilansir Goal.

Ada anggapan, Brasil menyapu bersih kemenangan atas Jerman dan Rusia karena Tite memilih tetap memainkan starting XI terbaik. ’’Kami mencoba belajar bermain tanpa Neymar dan mesin tim ini harus tetap panas,” kata Tite yang mencatatka­n 15 kali kemenangan, 3 kali seri, dan hanya sekali kalah sejak menangani Brasil pada 1 September 2016 kepada Sambafoot.

Di tempat terpisah, der trainer Jerman Joachim Loew menganggap kekalahan dari Brasil hanya bagian dari uji coba dan tidak menentukan. ”Yang bisa kami pelajari (dari kekalahan melawan Brasil) adalah kami membuat banyak sekali kesalahan umpan,” ucapnya kepada ZDF.

Jika dibandingk­an dengan tim-tim unggulan lainnya, raihan Brasil paling bagus. Spanyol, misalnya. Juara Piala Dunia 2010 itu memang menang besar 6-1 atas Argentina di Wanda Metropolit­ano kemarin. Tapi, La Furia Roja sebelumnya gagal menaklukka­n Jerman di Esprit Arena, Duesseldor­f (24/3). Sergio Ramos dkk hanya bermain seri 1-1.

Inggris yang menang 1-0 atas Belanda di Johan Cruijff Arena (24/3) juga gagal mengatasi kematangan Italia di Wembley Stadium kemarin. The Three Lions harus puas bermain seri 1-1.

 ?? MARKUS SCHREIBER/AP ?? MATCHWINNE­R: Gabriel Jesus mencetak satu-satunya gol Brasil saat mengalahka­n Jerman di Olympiasta­dion, Berlin, kemarin dini hari WIB (28/3).
MARKUS SCHREIBER/AP MATCHWINNE­R: Gabriel Jesus mencetak satu-satunya gol Brasil saat mengalahka­n Jerman di Olympiasta­dion, Berlin, kemarin dini hari WIB (28/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia