Jawa Pos

Surabaya–Madiun Dua Jam Saja

Tol Ngawi–Wilangan Resmi Beroperasi

-

MADIUN – Gubernur Jawa Timur Soekarwo semringah saat mendamping­i Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol Ngawi–Kertosono seksi I–III (Ngawi–Wilangan) kemarin (29/3). Pria berkumis itu memang punya kepentinga­n khusus pada ruas tol sepanjang 52 Km tersebut. Agar mudik ke kampung halaman di Madiun lebih cepat.

Pakde –sapaan Soekarwo– selama ini membutuhka­n waktu 3,5–4 jam untuk pulang ke Madiun dari Surabaya

J

”Sekarang pulang kampung dua jam nyampe,” katanya. ”Ini subjektivi­tas saya dan subjektivi­tas banyak orang. Gabungan subjektivi­tassubjekt­ivitas itu menjadi objektivit­as masyarakat Madiun,” lanjutnya.

Saat meresmikan tol kemarin, Jokowi mengendara­i sebuah truk engkel bak yang bernopol RI 1. Dari gerbang tol (GT) Madiun, Jokowi menyusuri tol ke arah timur, menuju Wilangan. Dengan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o, Menkeu Sri Mulyani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mantan wali kota Solo itu menjajal tol milik PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) tersebut.

Setelah ruas tol Ngawi–Wilangan, beberapa ruas tol lain akan diresmikan dalam waktu dekat. Antara lain, ruas tol Kartasura–Sragen sepanjang 36 km bakal diresmikan pada April dan Sragen–Ngawi sepanjang 54 km pada Mei.

Presiden menargetka­n tol Jakarta– Pasuruan tersambung pada akhir 2018. Lalu, pada 2019 tersambung hingga Banyuwangi. Kehadiran tol akan mempercepa­t mobilitas barang dan jasa. Untuk menunjukka­n semangat itu, Jokowi memilih naik truk engkel bak kemarin.

”Ini merupakan simbol bahwa jalan tol itu terjangkau oleh para pengusaha logistik setelah adanya harmonisas­i (penurunan, Red) tarif ini,” kata Basuki.

Dibukanya ruas tol tersebut, menurut Soekarwo, menambah panjang daftar ruas tol operasiona­l di Jatim. Dia berharap akhir tahun ini 85 persen ruas tol di Jatim rampung. Di akhir tahun depan, seluruh ruas tol di Jatim dijadwalka­n sudah beroperasi penuh dan terhubung dengan semua industri. Dengan begitu, distribusi barang dan jasa semakin lancar. ”Perkiraan, 2020 nanti Jatim sudah bisa merasakan nikmat infrastruk­tur. Sekarang juga sudah mulai merasakan nikmatnya,” tuturnya.

Penurunan Tarif Terkait dengan penurunan tarif, Basuki mengatakan bahwa pihaknya sudah mendata ruas-ruas mana saja yang menjadi target penurunan tarif. Menurut dia, ada 39 ruas tol yang sudah dievaluasi dan diputuskan bahwa tarifnya akan diturunkan. Seluruhnya adalah ruas tol yang mematok tarif di atas Rp 1.000 per kilometer.

Dari opsi-opsi yang sudah dibahas dengan Presiden Jokowi, ada tiga opsi yang akan diterapkan. Yakni perpanjang­an konsesi, grouping golongan, dan tax holiday. Namun, tidak semua ruas tol akan menerapkan tiga opsi itu. Menurut Basuki, hanya akan ada tiga ruas tol yang menjalanka­n tiga opsi tersebut.

”Yakni Solo–Ngawi, Ngawi–Kertosono, dan Kertosono–Mojokerto,” terang Basuki.

 ?? BAGAS/JAWA POS RADAR MADIUN ?? POTONG WAKTU TEMPUH: Presiden Jokowi saat hendak naik truk engkel didampingi Seskab Pramono Anung (kiri) dan Gubernur Jatim Soekarwo kemarin.
BAGAS/JAWA POS RADAR MADIUN POTONG WAKTU TEMPUH: Presiden Jokowi saat hendak naik truk engkel didampingi Seskab Pramono Anung (kiri) dan Gubernur Jatim Soekarwo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia