Jawa Pos

Disambati Perajin Logam di Jombang

-

SURABAYA – Kampanye berkonsep navigasi program yang dijalani cagub Khofifah Indar Parawansa terus berlanjut. Kemarin (29/3), saat sambang ke Jombang, cagub nomor urut satu itu menyempatk­an diri melakoni agenda tersebut.

Lewat kampanye model itu, Khofifah tidak hanya bersosiali­sasi dengan warga. Dia juga bisa mengetahui beragam persoalan di masyarakat. Misalnya, yang tampak ketika Khofifah nyambangi sentra perajin cor kuningan di Desa Mojotrisno, Mojoagung. Di sana Khofifah diwaduli pelaku usaha tentang sulitnya bahan baku logam.

Ternyata saat ini harga kuningan yang menjadi bahan utama terus melambung tinggi. Penyebabny­a, logam itu lebih banyak diekspor ke luar negeri. ’’Meski saya membelinya di pengepul bahan bekas, harganya tetap mahal. Sebab, harga aluminium mengikuti kurs dolar,’’ kata Tono, salah seorang perajin, kepada Khofifah.

Keluhan tersebut menjadi masukan sangat berharga bagi Khofifah. Sebab, dari situ dia bisa mengetahui apa saja yang perlu dibenahi di sektor UKM.

’’Makanya, nanti kami minta pemerintah kembali mengatur kebijakan tentang ekspor bahan baku. Sebab, para pelaku usaha di sini bisa mengolah bahan baku itu menjadi produk end-to-end (siap jual),’’ jelasnya.

Kawasan pasar tradisiona­l juga tetap menjadi salah satu objek kunjungan Khofifah. Dalam road show kemarin, dia menyempatk­an diri berkunjung ke Pasar Mojoagung. Di sana Khofifah berkelilin­g sambil berinterak­si dengan para pedagang.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS ?? KAGUM: Khofifah mengamati karya perajin cor kuningan di Desa Mojotrisno, Mojoagung, kemarin. Dia diwaduli pelaku usaha tentang sulitnya bahan baku logam.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS KAGUM: Khofifah mengamati karya perajin cor kuningan di Desa Mojotrisno, Mojoagung, kemarin. Dia diwaduli pelaku usaha tentang sulitnya bahan baku logam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia