Jawa Pos

Foto Kampanye HIV Diedit untuk Pilkada

-

ENTAH ini perbuatan tim sukses calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said atau malah sebaliknya, ulah lawan politiknya. Sebuah foto artis Dian Sastro yang sedang melakukan kampanye HIV diedit. Gambar di kaus yang dikenakan Dian diganti dengan foto Sudirman Said dan Ida Fauziah.

Menurut posting-an komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, manipulasi digital itu terbongkar dari akun Twitter Habib Think @habibthink. Akun tersebut awalnya me-retweet

posting-an akun Gustriyono @gustriyono. Akun @gustriyono mengunggah foto Dian Sastro dengan baju bergambar Sudirman dan Ida Fauziah, lalu me-mention langsung ke Sudirman Said.

Posting-an itu lantas di-retweet Habib Think dengan komentar, ’’Benar tuh Dian Sastro dukung Sudirman Said?’’ Tidak lama kemudian, akun Habib Think me-reply unggahanny­a dengan mengatakan, ’’Oh ngedit dari gambar ini’’. Dalam komentar tersebut, Habib Think menyertaka­n foto Dian Sastro dengan pose yang sama, tetapi dengan gambar baju dan sebuah kartu yang berbeda. Di foto yang lain, Dian Sastro tampak mengenakan baju bertulisan ’’Teman-Teman’’.

Berdasar pencarian yang dilakukan Jawa Pos, ternyata foto Dian Sastro dengan baju ’’Teman-Teman’’ itu diambil saat acara kampanye HIV pada 2013. Dia mempromosi­kan teman-teman. org. Sebuah gerakan pencegahan persebaran HIV/AIDS.

Dikonfirma­si terkait beredarnya foto editan Dian Sastro, Tim Komunikasi Pemenangan Sudirman Said, Hartono, mengatakan desain itu bukan buatan timnya.(gun/c14/fat)

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia