Jawa Pos

Delapan Pilgub Kunci Usung Prabowo Capres

-

JAKARTA – Hasil pemilihan gubernur (pilgub) akan menjadi salah satu penentu bagi Partai Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2019. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra Aryo Djojohadik­usumo, ada sekitar delapan pilgub yang akan menjadi kunci. Yaitu, Pilgub Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB, NTT, dan Bali.

Delapan provinsi itu sangat penting bagi Partai Gerindra. Sebab, jumlah pemilihnya cukup besar. Partainya, ucap anggota DPR tersebut, mengusung calon gubernur di daerah itu. Jika calon kepala daerah (cakada) yang diusung partainya menang, dukungan masyarakat kepada Partai Gerindra atau Prabowo akan riil.

Aryo menyatakan, elektabili­tas Prabowo cukup tinggi. Mayoritas lembaga survei tidak pernah merilis angka elektoral Prabowo di bawah 22,24 persen. Angka tersebut menjadi modal besar bagi partainya. Padahal, sampai saat ini, Prabowo belum bergerak. Tetapi, tingkat keterpilih­annya cukup tinggi.

Jika purnawiraw­an jenderal TNI itu sudah mendeklara­sikan diri sebagai capres, elektoraln­ya diprediksi semakin naik. Aryo belum bisa memastikan kapan Prabowo akan dideklaras­ikan sebagai capres. Pada 11 April nanti digelar rapat koordinasi nasional (rakornas). Tetapi, dia belum bisa memastikan apakah dalam acara itu akan diresmikan pencapresa­n Prabowo. Begitu juga cawapres yang akan mendamping­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia