Jawa Pos

Sulit Move On dari Old Crack

-

ADA lima pelatih Inggris di Premier League saat ini. Mereka adalah Sam Allardyce (Everton), Roy Hodgson (Crystal Palace), Alan Pardew (West Bromwich Albion), Sean Dyche (Burnley), dan Eddie Howe (Bournemout­h). Di antara nama-nama tersebut, Dyche dan Howe boleh dibilang nama baru.

Bukan lantaran menangani Bournemout­h dan Burnley yang baru menapak ke Premier League dalam tiga musim terakhir, tapi karena dua pelatih itu berusia di bawah 50 tahun. Howe bahkan pelatih termuda (40 tahun) di Premier League musim ini. Bandingkan dengan Hodgson yang berusia 70 tahun atau Big Sam –sapaan akrab Allardyce– yang genap 63 tahun.

Hodgson dan Big Sam seakan merepresen­tasikan sulitnya Inggris move on dari pelatih old crack. Meski berpengala­man, Hodgson-Big Sam sejatinya tidak terlalu berprestas­i. Everton dengan dana belanja pemain mewah musim ini belum bisa dibawa Big Sam ke zona Liga Europa alias masih tergolek di peringkat kesembilan. Palace bersama Hodgson malah terseok di papan bawah.

Metode latihan old-school dan strategi yang tidak update dianggap sebagai alasan Hodgson dan Big Sam gagal musim ini. Bahkan, Big Sam yang menggantik­an Ronald Koeman per 30 November tahun lalu disebut bakal digantikan pelatih Shakhtar Donetsk Paulo Fonseca.

Presiden LMA (Asosiasi Pelatih Inggris) Richard Bevan menilai klub-klub Premier League belum berani memberikan kepercayaa­n kepada pelatih lokal berusia muda. Padahal, di Championsh­ip (kompetisi di bawah Premier League), 14 di antara 24 klub memberikan kepercayaa­n kepada pelatih lokal. ’’Klub lebih mengingink­an sesuatu yang instan ketika berada di kompetisi kasta teratas,’’ ucapnya kepada The Guardian.

Bevan lalu mencontohk­an Watford yang menujuk pelatih muda (40 tahun) Portugaldi awal musim ini, Marco Silva. Padahal, Silva yang dipecat pada 21 Januari lalu tidak punya reputasi bagus.

Premier League memang kalah berani dengan Bundesliga yang punya Julian Nagelsmann. Der trainer 1899 Hoffenheim yang masih berusia 30 tahun. Di Serie A malah lebih banyak lagi pelatih lokal dan mudamuda. Gennaro Gattuso (AC Milan) masih 40 tahun, sedangkan Simone Inzaghi (Lazio) dan Massimo Oddo (Udinese) samasama 41 tahun.

 ?? PETER POWELL/REUTERS ?? VETERAN: Roy Hodgson dan Sam Allardyce dalam laga Premier League di Goodison Park pada 10 Februari lalu.
PETER POWELL/REUTERS VETERAN: Roy Hodgson dan Sam Allardyce dalam laga Premier League di Goodison Park pada 10 Februari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia