Jawa Pos

Pulih Cepat, Si Kutu Dikritik

-

BARCELONA – Barcelona termasuk lima klub dengan penyumbang pemain terbanyak dalam agenda uji coba internasio­nal selama sepekan terakhir. Total ada 12 penggawa Barca yang dipanggil timnas masing-masing. Sialnya, Barca menjadi klub dengan pemain terbanyak yang mengalami cedera.

Setidaknya ada empat pemain Barca yang terkena virus FIFA. Mereka adalah Lionel Messi, Marc-Andre ter Stegen, Lucas Digne, dan Gerard Pique. Tapi, hanya Digne yang mengalami cedera parah. Bek kiri yang membela Prancis itu divonis absen tiga pekan karena cedera abdominal.

Sebaliknya, Messi, Ter Stegen, dan Pique sudah terlihat berlatih bersama pemain Barca di Ciutat Esportiva Joan Gamper (markas latihan Barca) kemarin WIB (29/3). Kecuali Pique yang berlatih terpisah, Messi dan Ter Stegen sudah berlatih normal.

Berlatihny­a Messi kemarin tak pelak mengundang respons negatif. Sebab, Si Kutu sebelumnya tidak dimainkan pelatih Argentina Jorge Sampaoli saat La Albicelest­e menang 2-0 atas Italia di Etihad Stadium (24/3) dan kalah 1-6 oleh Spanyol di Wanda Metropolit­ano (28/3). Versi Sampaoli, Messi mengalami kelelahan otot hamstring. Dia tidak ingin mengambil risiko dengan memainkan striker 30 tahun itu.

Mantan kiper Argentina Hugo Gatti pun mengkritik absennya Messi bersama La Albicelest­e. Seperti sebagian fans Argentina, Gatti menuduh pemain terbaik dunia lima kali itu sudah kehilangan gairah bermain untuk Albicelest­e. ’’Messi seharusnya tetap bermain. Bukan sekadar karena banyak yang ingin menyaksika­nnya, melainkan karena Argentina membutuhka­n sosoknya,’’ ucapnya kepada Goal.

Terpisah, mantan pelatih Argentina Sergio Batista, sebagaiman­a diberitaka­n Firstpost, menyatakan bahwa Messi bakal bermain asalkan merasa nyaman. ’’Tidak mudah memahami pemain dengan kepribadia­n seperti dia,’’ tutur pelatih Argentina periode 2010–2011 itu seperti dilansir Firstpost.

Yang pasti, kembali pulihnya Messi menjadi angin segar bagi Barca menjelang menghadapi Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan dalam jornada ke-30 La Liga akhir pekan ini (1/4). Satusatuny­a starting XI Barca yang masih absen praktis hanya Sergio Busquets. Jangkar Barca itu masih menjalani pemulihan cedera retak ligamen engkel kaki kanan yang dialami saat menghadapi Chelsea dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions (15/3). ’’Saya harap tidak memiliki masalah baru (dengan absennya pemain setelah uji coba internasio­nal, Red),’’ kata entrenador

Barca Ernesto Valverde sebagaiman­a dilansir Marca.

Problem lain yang mungkin dihadapi Valverde adalah mengembali­kan kondisi kebugaran pemain setelah uji coba internasio­nal. Khususnya Luis Suarez dan Ivan Rakitic yang harus terbang antarbenua untuk kembali ke Barcelona. Suarez membela Uruguay dalam China Cup, sedangkan Rakitic tampil bersama Kroasia di AS.

 ?? PACO LARGO/FCB ?? IKUT LATIHAN: Dari kiri, Yerry Mina, Lionel Messi, Andre Gomes, dan Paulinho berlatih di Ciutat Esportiva Joan Gamper kemarin WIB (29/3).
PACO LARGO/FCB IKUT LATIHAN: Dari kiri, Yerry Mina, Lionel Messi, Andre Gomes, dan Paulinho berlatih di Ciutat Esportiva Joan Gamper kemarin WIB (29/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia