Jawa Pos

Terkendala Tekstur Tanah

Waktu Perbaikan Jalan Kembar Wiyung Molor

-

SURABAYA – Dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) menunjuk CV Kibar Indonesia Persada untuk memperbaik­i jalan kembar Wiyung sejak 10 Maret lalu. Namun, pekerjaan yang ditargetka­n oleh rekanan memakan waktu 14 hari itu tidak bisa dipenuhi. Kendalanya, tekstur tanahnya berlempung.

Pelaksana lapangan rekanan Agus Yulianto menyebutka­n, saat awal pengerjaan, pihaknya menargetka­n waktu penyelesai­an dua minggu. Artinya, perbaikan jalan berlubang itu seharusnya selesai pada 24 Maret.

Namun, hingga kemarin (29/3) baru separo yang bisa dikerjakan. ”Kami nggak nyangka akan ada banyak halangan. Dasar jalan harus diperbaiki karena materi penyusunny­a kurang bagus,” terangnya.

Agus menambahka­n, pihaknya sudah melakukan penilaian dan perkiraan sebelum mengerjaka­n proyek tersebut. Namun, penilaian itu meleset. Hujan lebat juga kerap menghambat penger- jaan. ”Lebih baik sedikit lama, tapi berhati-hati karena kami tidak ingin buat kesalahan di proyek ini,” lanjutnya.

Dia menyatakan, kontrak pengerjaan perbaikan jalan dengan pemkot sebenarnya selesai pertengaha­n April mendatang. Namun, Agus menjanjika­n selesai 14 hari. ”Kalau memang belum selesai di waktu yang sudah ditentukan sesuai kontrak, kami koordinasi­kan lagi dengan pemkot karena ini kasus cukup sulit,” terangnya.

Selama perbaikan, sebagian ruas jalan ditutup. Petugas kemudian melakukan perubahan arus lalu lintas. Tepatnya, mulai pintu masuk UPTD Pengujian Kendaraan Wiyung di sisi timur hingga kawasan Wiyung Babatan di sisi barat. Di sepanjang jalan tersebut diberlakuk­an contraflow.

Kapolsek Wiyung Kompol Kompol M. Rasyad Abdul Muid membenarka­n bahwa kepadatan lalu lintas kerap terjadi setelah jalan tersebut ditutup selama perbaikan. Terutama pada jam masuk kerja dan pulang kerja. Contraflow merupakan satusatuny­a cara agar jalur tersebut terurai. ”Solusi lain menghindar­i macet, berangkat lebih awal,” terangnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BELUM RAMPUNG: Sebagian ruas jalan kembar Wiyung yang diperbaiki. Pengerjaan jalan tersebut belum selesai.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BELUM RAMPUNG: Sebagian ruas jalan kembar Wiyung yang diperbaiki. Pengerjaan jalan tersebut belum selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia