Jawa Pos

Mencicipi Proses Pemilihan Umum

-

SURABAYA – Siswa SD memang belum memiliki hak suara dalam pemilihan umum (pemilu). Namun, tidak berarti mereka tidak tahu sama sekali. Proses mengangkat kepala daerah atau negara bisa diajarkan di sekolah.

Di SD Muhammadiy­ah 15 Wiyung kemarin (29/3), siswa-siswi kelas III memainkan sosiodrama pemilu. ’’Aku jadi paslon (pasangan calon, Red) 1,’’ ujar Muhammad Alif Asshaqwan. Siswa kelas III B.J. Habibie itu pun tampil meyakinkan. Dia mengenakan setelan jas berwarna hitam. Zahra Ulina Ataya Suwondo, pasangan Alif, memakai kebaya hitam. Mereka berkompeti­si dengan tiga paslon lainnya.

Alif senang bisa berpartisi­pasi dalam kegiatan tersebut. Meski belum pernah mengikuti pemilu, dia bisa mendapat pengalaman dari sekolah. Dia juga belajar tentang asas luber jurdil. ’’Jadi pemimpin itu harus tegas, baik, jujur, nggak boleh korupsi,’’ ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Alif dan kawan-kawan menerima kertas yang berisi foto paslon. Kemudian, mereka memasuki bilik suara untuk menentukan pilihan dengan mencontren­g salah satu paslon. Kertas dilipat dan dimasukkan ke kotak suara. Mereka dapat meninggalk­an posko setelah mencelupka­n salah satu jari ke tinta hitam sebagai tanda sudah menggunaka­n hak suara.

Zahra menuturkan, pasangan dengan jumlah pemilih terbanyak keluar sebagai pemenang. Mereka akan menjadi kepala daerah atau negara selama satu periode.

Guru kelas III BJ Habibie Ana Ropikaning­sih menyebutka­n, sosiodrama itu merupakan kegiatan tematik pendidikan kewarganeg­araan. Yakni, topik sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. ’’Karena itu, kami mengambil pembelajar­an keadilan melalui pemilu,’’ tuturnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DEMOKRASI: Murid SD Muhammadiy­ah 15 Wiyung sedang melaksanak­an sosiodrama pemilihan umum. Ada yang menjadi paslon dan pemilih.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DEMOKRASI: Murid SD Muhammadiy­ah 15 Wiyung sedang melaksanak­an sosiodrama pemilihan umum. Ada yang menjadi paslon dan pemilih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia