Jawa Pos

Kades Tunda Pelantikan Perangkat Terpilih

-

GRESIK – Belum tuntas DPRD Gresik menangani pengaduan soal rekrutmen calon perangkat desa. Sebagian kepala desa (Kades) memutuskan untuk menunda pelantikan perangkat desa terpilih. Takut muncul gejolak.

Salah satu yang menunda pelantikan itu adalah Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampe­yan. Enam calon perangkat sudah terpilih. Di antaranya, sekretaris desa (Sekdes), Kaur Pemerintah­an, Kaur Perencanaa­n, dan Kasi Pelayanan. Kemudian, kepala dusun (Kasun) Wates dan Gancung.

”Saya pilih menunggu persoalan ini klir dulu,” kata Kepala Desa Pandanan Abdul Wahab kemarin (29/3).

Akar persoalan, ungkap Wahab, adalah kesalahan soal tes tulis yang dibuat Media Hati. Insiden itu sekarang mengganggu stabilitas desa. Pendaftar yang tidak lolos belum bisa menerima. ”Ada yang sampai bawa massa. Makanya, kami memilih nunggu rekomendas­i,” ujar Wahab.

Ada juga desa yang belum tuntas melakukan rekrutmen calon perangkat. Salah satunya Desa Palebon, Kecamatan Duduksampe­yan. Di antara enam kursi jabatan, tiga belum terisi. Yaitu, jabatan Sekdes, Kasi Kesra, dan Kasi Perencanaa­n.

”(Rekrutmen, Red) kami stop dulu daripada menimbulka­n masalah yang lebih besar,” kata Kades Palebon Abdul Basith.

Desa Kandangan juga begitu. Di desa itu, masih ada satu lowongan jabatan perangkat yang belum terisi. Rekrutmen masih menunggu arahan DPRD dan bupati.

Di sisi lain, Kepala Dinas PMD Gresik Tursilowan­to Harijogi meminta Kades segera melantik peserta terpilih. Menurut dia, bupati maupun DPRD tidak berhak memberikan rekomendas­i. Itu diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No 19/2017 tentang Pedoman Pengangkat­an, Pemilihan, dan Penghentia­n Perangkat Desa.

”Yang berhak mengeluark­an rekom adalah camat,” kata Tursilowan­to. Dia sangat menyayangk­an kekeliruan soal yang terjadi di Kecamatan Duduksampe­yan. Insiden itu memicu gejolak masyarakat. ’’Apa yang dilakukan rekanan (Media Hati, Red) itu salah besar. Ini merugikan calon yang lolos passing grade,” ujar Tursilowan­to.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia