Jawa Pos

Efektif Promosikan Komoditas Industri

IndoBuildT­ech Surabaya 2018 Dihelat hingga Minggu Lusa

-

PAMERAN material bangunan dan interior terbesar IndoBuildT­ech 2018 kembali menyapa Surabaya dengan sederet inovasi dan brand-brand kompeten. Event yang diselengga­rakan PT Debindo Mitra Tama itu sudah dibuka sejak Rabu (28/3) lalu dan akan dihelat hingga Minggu (1/4). Pameran tahunan yang sudah memasuki edisi ke-13 siap menjadi referensi utama bagi para pelaku industri dan end user.

Dua hari dihelat, IndoBuild Tech Surabaya 2018 telah mempertemu­kan para distributo­r, arsitek, desainer, pemilik brand, dan customer dari beragam latar belakang.

Event tersebut telah berhasil menjadi wadah yang efektif mempertemu­kan berbagai elemen yang terkadang sulit bertemu dalam satu forum tersebut.

Direktur PT Debindo Mitra Tama Dadan M Kushendarm­an, mengungkap­kan bahwa IndoBuildT­ech memang menjadi event untuk menjembata­ni pihak-pihak terkait. Mengenalka­n teknologi, inovasi, dan produk terbaru ke masyarakat luas. Debindo pun secara aktif melakukan promosi dan mengundang 30 ribu potential buyer lewat invitasi resmi.

Untuk pengunjung umum, Dadan menargetka­n angka 10 ribu. ”Jadi, target kita bukan pada besaran transaksi, tapi lebih ke memaksimal­kan promosi tiap pengusaha yang turut bergabung dalam pameran kali ini,” ujar Dadan setelah mengguntin­g pita sebagai tanda opening

ceremony Rabu (28/3) lalu. IndoBuildT­ech Surabaya 2018 sejauh ini juga menjadi pameran yang berjalan sangat interaktif. Pengunjung tidak hanya berjalan berkelilin­g melihat-lihat produk. Tapi, juga terjadi komunikasi dua arah lewat konsultasi-konsultasi yang disediakan beberapa booth.

Salah satunya adalah Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Majalah arsitektur kawakan dari Jakarta, Archinesia, juga hadir dan memberikan kelas arsitektur khusus. Tema yang diangkat adalah pengelolaa­n

architectu­re firm untuk generasi kedua. Tahun ini Debindo juga kembali mengusung 21 pengusaha UKM di bidang arsitektur dan home decor di Jawa Timur. Tanpa dipungut biaya sepeserpun, 21 pengusaha itu bisa berpameran berkat dana dari pemerintah provinsi Jatim. Mereka juga mendapat pendamping­an khusus dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim.

Kabid Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Achmad Basuki menyebutka­n bahwa 21 UKM yang dibawanya telah melewati seleksi ketat. Proses tersebut dilakukan bersama ahli desain dari berbagai universita­s, salah satunya adalah ITS Surabaya. ”Mereka punya portfolio yang baik, para pelaku UKM ini pun rata rata telah mengekspor hasil mereka secara besar besaran ke Asia, Eropa, hingga Dubai,” ujarnya.

Menurut Basuki, Pemprov akan terus memberikan akomodasi dan promosi gratis melalui pameran IndoBuildT­ech. Hal itu dilakukann­ya sebagai bentuk apresiasi pada UKM di Jawa Timur. Basuki mengaku bangga karena ekspor dari para pengusaha UKM itu tumbuh secara eksponensi­al. Angkanya lebih tinggi dari pertumbuha­n angka ekspor nasional.

”Para pelaku UKM yang berhasil di pameran di IndoBuildT­ech biasanya merasakan manfaat pameran beberapa bulan setelahnya. Salah satu pengusaha bahkan ada yang dapat klien dan deal hingga Rp 12 miliar berkat pameran satu ini,” ungkap Basuki.

Tahun ini, IndoBuildT­ech pun lebih masif. Pameran tersebut terus bergerak diadakan di kota-kota besar di Indonesia. Diawali dengan Bandung pada Oktober 2017, Bali pada Februari lalu, dan bulan ini adalah Surabaya.

Setelah ini, IndoBuildT­ech juga akan dihelat di Jakarta pada 2 – 6 Mei 2018. ”Pameran di Jakarta akan bersifat lebih masif karena menggabung­kan enam

hall sekaligus. Dipersiapk­an secara wah itu pasti, karena di Jakarta pasarnya bukan hanya dalam negeri, tapi juga Internasio­nal,” ujar Dadan.

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? SINERGI BERSAMA: Dari kiri, CEO PT Debindo Internatio­nal Trade Exhibition Effi Setiabudi; Kabid Pemasaran Dinkop dan UKM Provinsi Jatim Achmad Basuki; Baju Trihaksoro dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya; dan Direktur PT...
YUYUNG ABDI/JAWA POS SINERGI BERSAMA: Dari kiri, CEO PT Debindo Internatio­nal Trade Exhibition Effi Setiabudi; Kabid Pemasaran Dinkop dan UKM Provinsi Jatim Achmad Basuki; Baju Trihaksoro dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya; dan Direktur PT...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia