Jawa Pos

Keluhan Tertinggi di Layanan RSUD

-

SURABAYA – Hasil survei Ombudsman RI menyebutka­n, kualitas layanan publik oleh instansi pemerintah di Jatim masuk kategori sedang. Masih ditemukan adanya maladminis­trasi layanan.

Berdasar hasil penelitian itu, keluhan yang paling dominan adalah ketidakses­uaian pemberian layanan dengan SOP (standard operating procedure) yang dibuat. Terutama pada sisi waktu serta tahapan pengurusan layanan. Keluhan tersebut terjadi di hampir semua jenis layanan yang masuk objek survei Ombudsman RI.

’’Dari hasil survei itu, mayoritas dipicu persoalan integritas­daripetuga­s di instansi layanan publik,’’ kata Koordinato­r Pelaksana SIPM Ombudsman RI Perwakilan Jatim Achmad Khoiruddin kemarin.

Keluhan tertinggi terjadi pada sektor layanan kesehatan di rumah sakit umum daerah (RSUD), baik yang dikelola pemkab ataupun pemprov. Mayoritas jenis keluhannya adalah prosedur penanganan, pemberian obat, dan masih sulitnya menggunaka­n asuransi BPJS Kesehatan.

Keluhan itu terjadi di tiga RSUD yang disurvei Ombudsman RI. Yakni, RSUD dr Soetomo, RSUD dr Soebandi (Jember), serta RSUD dr Soewandhi (Surabaya).

Hal yang sama terjadi di sektor layanan perizinan. Dalam survei tersebut, terdapat tiga instansi perizinan di Jatim. Yakni, Layanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jatim, Surabaya, dan Jember. Hasilnya, keluhan yang paling dominan adalah soal waktu pengurusan hingga penerbitan izin. Waktu penyelesai­an izin tidak sesuai dengan SOP yang ditentukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia