Jawa Pos

Siomay Imut Pembuka The Incredible­s

-

LOS ANGELES – Sebelum nonton film buatan Pixar, penonton bioskop selalu harap-harap cemas. Menanti suguhan tambahan berupa film pembuka yang berdurasi pendek tapi sangat menghibur. Ciri khasnya adalah minim dialog, tapi selalu mengena. Short film yang memorable,

antara lain, Piper (Finding Dory), Presto (Wall-E), dan Partly Cloudy (Up).

Selama puluhan tahun, film pendek Pixar selalu menjadi kejutan. Namun, berbeda halnya dengan short film yang ditayangka­n sebelum The Incredible­s 2

Juni mendatang. Pixar memilih mengumumka­nnya duluan. Judulnya Bao. Anak perusahaan Disney itu merilis dua foto bocoran film yang berdurasi 7,5 menit tersebut.

Dalam foto utama, seorang perempuan tampak memeluk dumpling alias siomay. Perempuan berdarah Tiongkok-Kanada itu dikisahkan depresi karena anak-anaknya telah dewasa dan punya kehidupan sendirisen­diri. Saat dia merasa kesepian, dumpling yang dibuatnya tiba-tiba hidup. Dia pun punya kesayangan baru.

Film tersebut disutradar­ai Domee Shi,

storyboard artist Inside Out (2015) dan

The Good Dinosaur (2015). Menurut Shi, kata bao punya dua arti dalam bahasa Tiongkok. ’’Bisa berarti roti yang dikukus, bisa pula berarti sesuatu yang berharga. Sebuah harta karun,’’ tuturnya kepada

Entertainm­ent Weekly.

Shi mengakui, kisah Bao terinspira­si pengalaman pribadinya sebagai anak tunggal dari imigran Tiongkok. ’’Sering kali aku merasa bahwa ibu memperlaku­kanku sebagai dumpling kecil yang berharga. Dia memastikan aku selalu aman, tidak terlambat sekolah, dan halhal lainnya,’’ terang perempuan yang menjadi sutradara film pendek pertama dalam sejarah Pixar tersebut.

Ningsha Zhong, ibu Shi yang memang ahli membuat dumpling, menjadi konsultan budaya buat film itu. Detail pembuatan makanan khas Tiongkok tersebut menjadi referensi utama Bao.

’’Bagaimana dia menguleni adonannya, memotong setiap bagian, hingga menggulung setiap lembaran adonan menjadi bentuk sanggul kecil yang sempurna,’’ ujar Shi.

 ??  ?? BIKIN LAPAR: Berbeda dengan tradisi, kali ini Pixar mengumumka­n short film yang mendahului pemutaran The Incredible­s 2. Judulnya Bao.
BIKIN LAPAR: Berbeda dengan tradisi, kali ini Pixar mengumumka­n short film yang mendahului pemutaran The Incredible­s 2. Judulnya Bao.
 ??  ??
 ?? DISNEY PIXAR ??
DISNEY PIXAR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia