Jawa Pos

Pegang Rekor Penonton Liga 1

-

24 6 80% 5 15 12 18 9 15 3

1

0 56%

Total Tembakan Tembakan Akurat Akurasi Umpan Sepak Pojok Tekel Sukses Duel Udara Sukses Intersep Sapuan Pelanggara­n Offside

Kartu Kuning Kartu Merah Penguasaan Bola

Simictetap­sabardanfo­kusmembukt­ikan performany­a di lapangan. ”Saya tidak meragukan kualitasny­a sedikit pun. Hanya, kadang ada saatnya tidak mencetak gol dan pemain lain yang melakukann­ya,” ujarnya.

Teco pun berharap itu menjadi titik balik bagi Simic. Titik balik yang bisa mementahka­n semua kritik yang mendarat kepadanya. ’’Saya katakan, Simic itu profesiona­l dan pekerja keras. Setiap latihan selalu fokus. Saya tidak pernah ragu mainkan dia di pertanding­an,’’ tegasnya.

Di luar itu, Teco tetap memuji permainan timnya. Menurut dia, kemenangan lawan Arema kemarin tidak hanya tercipta karena Simic. ’’Semua di dalam tim kerja keras. Kalau tidak, pasti tidak akan menang melawan tim sebesar Arema. Konsentras­i sampai akhir pertanding­an,’’ terangnya. SRIWIJAYA FC (4-2-3-1): 12-Teja Paku Alam (g); 26-Alfin Tuasalamon­y, 5-Mahamadou N’Diaye, 23-Hamka Hamzah (c), 2-Novan Setya; 6-Yoo Hyun-koo, 19-Zulfiandi; 11-Esteban Vizcarra, 10-Makan Konate, 63-Manuchekhe­r Dzhalilov; 9-Alberto Goncalves Pelatih: Rahmad Darmawan

PERSIB (4-3-1-2): 78-I Made Wirawan (g); 12-Henhen Herdiana, 4-Bojan Malisic, 2-Wildansyah, 6-Tony Sucipto; 22-Supardi Nasir, 11-Dedi Kusnandar, 13-Febri Hariyadi; 33-Oh In-kyun; 99-Jonathan Bauman, 10-Ezechiel N’Douassel

Pelatih: Mario Gomez

yang membela negaranya.

”Di awal kompetisi, kami menghadapi tim-tim hebat. Pekan pertama mereka (Persib) meraih satu poin. Tentu mereka punya motivasi lebih untuk mencari ganti poin itu,” ucap pelatih yang akrab disapa RD tersebut.

18 5 78 % 7 18 2 25 20 16 0 1 0 44%

Di sisi lain, pelatih Arema FC Joko Susilo mengakui, timnya bermain kurang taktis tadi malam. Lebih banyak bermain individu sehingga lini tengah Persija dengan mudah memberikan umpan ke sayap. ’’Kelemahan antisipasi umpan silang masih ada. Dua gol lawan dari bola mati dari sayap, satu dari bola crossing,” jelasnya.

Pelatih yang akrab disapa Getuk itu mengatakan, dua laga tanpa kemenangan memang jauh dari prediksiny­a. Tak heran, tekanan dari Aremania agar Arema bangkit pun kencang terdengar. ’’Saya bertanggun­g jawab atas hasil tim. Jangan salahkan pemain atau pengurus. Sebab, saya yang punya wewenang membangun tim. Belum maksimal, saya siap tanggung jawab,’’ tuturnya.

TENSI panas di lapangan ketika Persija Jakarta menjamu Arema FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sama sekali tidak berimbas ke luar. Kebetulan, The Jak selaku fans Persija memiliki relasi yang bagus dengan Aremania.

Berkali-kali fans dari kedua kubu berbalas chant. Mereka juga berdamping­an dengan akur. Setidaknya ada 5 ribu Aremania yang hadir dalam pertanding­an tadi malam. Angka itu sedikit melebihi kuota yang sejatinya disediakan untuk suporter tamu.

Selain damai, big match Persija versus Arema tersebut memecahkan rekor penonton terbanyak sementara di Liga 1 musim ini. Tadi malam, tercatat ada 62.273 orang yang hadir. Jauh lebih banyak ketimbang rekor sebelumnya ketika Bhayangkar­a FC menjamu Persija di stadion yang sama (39.425 penonton).

Kalau tetap bermain di SUGBK, Persija memang berpeluang untuk terus meningkatk­an rekor penonton. Sebab, stadion itu berkapasit­as 76.127 kursi. Selain itu, masih ada big match yang berpotensi menarik suporter. Misalnya, melawan Persib Bandung pada 28 April atau Persebaya Surabaya pada 3 Juni.

Kapten Persija Ismed Sofyan pun berharap bisa terus menggunaka­n SUGBK. Stadion tersebut dinilai paling pas untuk tim ibu kota yang punya basis suporter besar seperti Persija. ’’Terutama laga yang mengundang banyak suporter. SUGBK salah satu yang paling cocok, baik keamanan maupun kenyamanan,’’ jelasnya. Perseru vs 0-1

(Donny Harold Monim 90+3’-bunuh diri)

PSMS vs 1-2

(Suhandi 64’/Herman Dzumafo 39’,Nikola Komazec 46’)

Barito Putera vs Persipura 2-2

(Douglas Packer 45+2’-penalti, Dandi Maulana 69’/Dandi Maulana 34’-bunuh diri, Marcel Sacramento 62’)

vs Arema 3-1

(Marko Simic 27’, 52’, Jaimerson 82’/Ahmet Atayew 34’)

1. PSM

2. Persija

3. Persipura

4. Bhayangkar­a

5. Persebaya 2 2 2 2 2 2 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 0 0 3-0 3-1 4-3 2-1 2-1

PSM

Bhayangkar­a

6 4 4 4 4

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KREATIF: Gelandang Sriwijaya Esteban Vizcarra kini bermain dengan status sebagai WNI. Persija
ANGGER BONDAN/JAWA POS KREATIF: Gelandang Sriwijaya Esteban Vizcarra kini bermain dengan status sebagai WNI. Persija
 ??  ??
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? AMAN: Aremania memberikan dukungan kepada tim kesayangan­nya ketika melawan Persija di SUGBK (31/3).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS AMAN: Aremania memberikan dukungan kepada tim kesayangan­nya ketika melawan Persija di SUGBK (31/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia