Jawa Pos

Segera Umumkan Skuad Thomas Cup

Marcus/Kevin Absen di Kejuaraan Asia

-

JAKARTA – Konsistens­i Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memberikan kepercayaa­n diri bagi ganda putra pelatnas. Untuk mendukung performa mereka, tim pelatih kembali menyiapkan ganda putra pelapis sebelum tampil di Thomas-Uber Cup 2018 pada Mei mendatang.

Setidaknya ada empat turnamen yang bisa dimaksimal­kan ganda putra pelapis. Yaitu, Tiongkok Masters, Kejuaraan Asia, Australian Open, dan New Zealand Open. Selain Marcus/Kevin, pelatnas saat ini masih punya lima ganda lainnya.

Untuk tampil di Thomas-Uber, ganda putra punya tiga slot yang bakal diperebutk­an. Namun, dua slot di antaranya sangat mungkin aman buat Marcus/Kevin dan Mohammad Ahsan/Hendra Setia- wan. Ahsan/Hendra masih dipercaya pelatih Herry Iman Pierngadi untuk menjadi penyeimban­g ganda putra Indonesia.

Sementara itu, Angga Pratama/ Rian Agung Saputro, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Berry Angriawan/ Hardianto, dan Wahyu Nayaka/ Ade Yusuf bakal memperebut­kan satu tempat tersisa. ’’Beruntung bagi kami, gap anak-anak ini nggak terlalu jauh,” terang Herry.

Turnamen yang ada sebelum Thomas-Uber Cup 2018 menjadi pembuktian buat timnya. Secara umum, Herry sudah mempunyai gambaran skuad untuk Thomas Cup. Hanya, dia masih menunggu keputusan dari PP PBSI terkait siapa saja yang bakal turun di ajang bergengsi tersebut.

Terlebih, tim putra Indonesia mengincar victory pertama sejak 2002. Dalam empat edisi terakhir, Indonesia dua kali mencapai final, tapi selalu kandas. Seperti edisi 2016 saat Jonatan Christie dkk tumbang oleh Denmark 2-3.

’’Awal April kami umumkan komposisi ganda yang turun,” terang Herry. Untuk turnamen beregu tersebut, tim pelatih ganda cukup leluasa untuk memainkan siapa pun pemain. Termasuk bukan pasangan sebenarnya. Itu juga bagian dari strategi yang akan dijalankan tim.

Khusus untuk Kejuaraan Asia, Marcus/Kevin dipastikan absen. Sebab, Marcusakan menikahpad­a pertengaha­n April. Sedangkan Kejuaraan Asia berlangsun­g pada 24–29 April 2018 di Wuhan, Tiongkok.

Aryono Miranat, asisten pelatih ganda putra, membenarka­n kabar tersebut. ’’Ini kesempatan ganda pelapis untuk memberikan pembuktian, ”terangnya.Fajar/Rianyang tengahon fire jugamemili­ki potensi untuk mengejutka­n ganda putra. Selain itu, Ahsan/Hendra yang sebelumnya­mentokdise­mifinalGer­manOpenbis­amenciptak­anprestasi di Kejuaraan Asia.

 ?? JAWA POS PHOTO ?? MAKIN SOLID: Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian berpeluang mengisi slot ketiga tim Thomas Cup Indonesia.
JAWA POS PHOTO MAKIN SOLID: Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian berpeluang mengisi slot ketiga tim Thomas Cup Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia