Jawa Pos

Gencar Bangun Sumur Kebakaran

-

SURABAYA – Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya bakal membangun 17 sumur kebakaran di berbagai titik. Pembanguna­n sumur tersebut bertujuan untuk meningkatk­an kinerja pemkot dalam mempercepa­t pemadaman api saat terjadi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Chandra Oratmangun menyatakan, pembanguna­n 17 titik sumur tersebut akan ditempatka­n di beberapa wilayah. Khususnya di daerah yang sering mengalami kebakaran.

Sumur kebakaran terus ditambah karena pentingnya fungsi tempat cadangan air dalam pemadaman api. ’’Senjata kami untuk memadamkan api ya air,’’ katanya. Sumur tersebut berperan sebagai amunisi cadangan jika air dalam mobil kebakaran habis saat pemadaman.

Untuk pembanguna­n sumur kebakaran tersebut, Chandra mengatakan bahwa ada dua infrastruk­tur yang tahun ini dibangun. Yakni, sumur berkapasit­as 10 ribu liter dan sumur dengan daya tampung 14 ribu liter air.

Sumur akan dibangun di pinggir jalan yang mudah dijangkau petugas. Pembanguna­nnya berupa tandon. Air akan disuplai langsung melalui jaringan perusahaan daerah air minum (PDAM).

Saat ini di Surabaya sendiri sudah ada 319 sumur kebakaran. Selain 17 titik tahun ini, lanjut Chandra, pada 2019 dinas kebakaran bakal menambah 16 titik sumur kebakaran. Sumur tersebut tersebar di 11 kecamatan. Anggaran pembanguna­nnya sekitar Rp 2 miliar.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? LIHAT TANDON: Dari kiri, Doni Andza, Rudi Asmari, dan Adi Mahmud saat mengecek sumur kebakaran di depan pintu Pos PMK Menur kemarin (31/3).
EDI SUSILO/JAWA POS LIHAT TANDON: Dari kiri, Doni Andza, Rudi Asmari, dan Adi Mahmud saat mengecek sumur kebakaran di depan pintu Pos PMK Menur kemarin (31/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia