Jawa Pos

Pengurus Kampung Merasa Tak Dilibatkan

Kelanjutan Proyek FR Barat

-

SURABAYA – Puluhan persil yang masih berdiri di sepanjang Jalan Wonokromo tinggal menunggu waktu untuk dibongkar. Titik tersebut akan dibangun jalan sebagai lanjutan proyek frontage road (FR) sisi barat. Meski begitu, warga hingga kini masih menanti ganti rugi dari pembebasan tanah tersebut.

Ketua RW VI Kelurahan Wonokromo Suhada menyatakan, sebagian warga sudah mendapatka­n pembayaran ganti rugi. Sisanya masih menunggu. Namun, Suhada mengatakan tidak tahu persis berapa warga yang sudah mendapat ganti rugi. Sebab, dia menuturkan bahwa tidak ada sosialisas­i dari pemkot ke warga melalui ketua RW atau RT.

Suhada mengatakan tidak tahu kapan tepatnya pembongkar­an tersebut dilaksanak­an. ’’Saya dengar sih bulan ini (April) dibongkar,’’ katanya ketika ditemui di rumahnya kemarin (31/3).

Padahal, sebagian warga yang terdampak belum selesai mengurus surat ahli waris yang menjadi salah satu persyarata­n untuk mendapatka­n ganti rugi. ’’Saya hanya dengar-dengar simpang siur dari warga yang sudah menerima ganti rugi. Tetapi, ada juga yang belum selesai,’’ lanjutnya.

Surat ahli waris menjadi salah satu kendala yang menghambat pembebasan. Suhada menuturkan, ada beberapa dokumen ahli waris warga yang belum ditandatan­gani hingga hari ini. Selain tidak tahu prosedur untuk mendapatka­n ganti rugi, dia khawatir persetujua­n yang diberikan malah membawa dampak hukum panjang ke belakang.

Hal serupa disampaika­n Ketua RT 08, RW VI, Nur Hasan. Dia menyatakan tidak ada informasi yang diberikan pemerintah maupun lurah terkait realisasi proyek pelebaran jalan atau penyambung­an FR itu. ’’Padahal, saya sering ditanyai warga bagaimana prosesnya (jika dokumen belum selesai), kapan mulai dibongkar. Tapi, mohon maaf saya nggak tahu apa-apa,’’ ujar Nur Hasan.

Dia menerangka­n bahwa proses tersebut ditangani hingga tingkat kelurahan. Sering ada petugas yang langsung diterjunka­n untuk mendata warga.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MENUNGGU DIBANGUN: Bangunan Pasar Wonokromo lama sudah dibongkar dan akan dibangun frontage road sisi barat. Bila proyek itu tuntas, kemacetan berkurang.
DITE SURENDRA/JAWA POS MENUNGGU DIBANGUN: Bangunan Pasar Wonokromo lama sudah dibongkar dan akan dibangun frontage road sisi barat. Bila proyek itu tuntas, kemacetan berkurang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia