Jawa Pos

Laporan Presensi Dikirim ke Orang Tua

-

SURABAYA – Perkembang­an dunia pendidikan terus ditingkatk­an. Bukan hanya kualitas pembelajar­an akademik, tetapi juga pelayanan lain yang menunjang. Termasuk urusan presensi (kehadiran) dan administra­si yang harus diselesaik­an siswa.

Agar lebih transparan, Sekolah Islam Shafta menerapkan program baru. Yakni, aplikasi Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). Program tersebut ditangani langsung oleh kepala bagian TI sekolah. ’’Aksesnya untuk guru dan siswa,’’ ujar Kepala SMA Shafta Safiudin kemarin (31/3).

Untuk urusan guru, JIBAS menyangkut pembelajar­an, administra­si, dan penilaian terhadap siswa. Untuk siswa, aplikasi itu berhubunga­n dengan perekaman data kehadiran di sekolah, keuangan, dan administra­si.

Orang tua juga bisa mendapatka­n laporan secara langsung. Misalnya, ketika anak masuk sekolah. Setelah siswa melakukan presensi di mesin fingerprin­t, otomatis orang tua- nya akan mendapatka­n SMS pemberitah­uan bahwa anaknya sudah di sekolah. Begitu pula ketika pulang sekolah.

SMS pemberitah­uan yang sama berlaku ketika pembayaran uang sekolah. Anak yang sudah membayar otomatis akan terdata dalam sistem sekolah. Kemudian, sistem mengirimka­n SMS kepada orang tua bahwa biaya sekolah sudah dibayarkan.

Safiudin menuturkan, penggunaan aplikasi JIBAS dimulai pada awal tahun pelajaran 2017– 2018. Saat ini sistem itu berlaku bagi siswa kelas X dan XI SMA. Juga, siswa kelas VII dan VIII SMP Shafta. ’’Siswa kelas IX dan XII sengaja tidak dimasukkan karena segera lulus,’’ ungkapnya.

Menurut Safiudin, sistem itu masih terus dikembangk­an. Pihaknya juga mengevalua­si penggunaan­nya. ’’Sejauh ini efektif dan membantu,’’ imbuhnya.

Kepala Bagian TI Sekolah Shafta Muhibin menambahka­n, aplikasi JIBAS digunakan untuk pemerataan. Diharapkan, siswa semakin tertib dan sistem pendataan sekolah semakin tertata. ’’Orang tua juga bisa mengakses website untuk mengetahui info siswa dan kegiatan sekolah,’’ paparnya.

 ??  ?? ONLINE: Shakila Dascha (kiri) dan Aulia Friya Rahana melakukan presensi sebelum pulang sekolah kemarin.
ONLINE: Shakila Dascha (kiri) dan Aulia Friya Rahana melakukan presensi sebelum pulang sekolah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia