Jawa Pos

Dispendik Gelontor SMPN dengan 507 Komputer

-

GRESIK – Sejumlah SMPN tak lagi punya alasan untuk tidak menggelar UNBK tahun ini. Sebab, Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik telah memenuhi kebutuhan komputer dan server.

Kemarin (31/3), 507 komputer plus 24 server dikirim ke sekolahsek­olah. Pengadaan tersebut dipriorita­skan untuk tujuh SMPN yang belum menggelar UNBK pada 2017. Yakni, SMPN 2 Manyar, SMPN 1 Bungah, SMPN 3 Sidayu, SMPN 4 Sidayu, SMPN 1 Benjeng, SMPN 2 Benjeng, dan SMPN 1 Tambak. ’’Tujuh lembaga jadi prioritas karena sarana-prasarana masih kurang,” kata Kadispendi­k Gresik Mahin.

Dispendik juga memenuhi kebutuhan komputer di 18 SMPN yang lain. Total ada 25 lembaga pendidikan penerima. Misalnya, SMPN 3 Balongpang­gang. Untuk melengkapi komputer yang sudah ada, sekolah itu mendapat tambahan sepuluh komputer dan satu server kemarin. ’’Tahun lalu kami UNBK meski komputer kurang. Syukur sekarang dapat tambahan,” ujar Kepala SMPN 3 Balongpang­gang Burhanuddi­n.

Kabid Manajemen Pendidikan Dispendik Suwono menyampaik­an, pengadaan komputer tahun ini menghabisk­an anggaran Rp 4,80 miliar. Pengadaan dilakukan melalui e-catalogue yang terkoneksi dengan lembaga kebijakan pengadaan barang/ jasa pemerintah (LKPP). Di e-catalogue, tertera spesifikas­i barang sesuai nilai atau harganya. ’’Pengadaan sudah sesuai dengan spesifikas­i,” ucap Suwono.

Kemarin satu per satu sekolah mengambil komputer ke dispendik. Perangkat tersebut harus sudah terpasang hari ini (1/4). Sebab, sarana itu juga akan dipakai untuk ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Di Gresik, USBN SMP sederajat digelar mulai Senin (2/4). Tahun ini seluruh mapel masuk USBN.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? FASILITAS UNBK: Kasi Sarana Prasarana Dispendik Gresik Mat Salim (kiri) mengecek kedatangan komputer di aula dispendik kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS FASILITAS UNBK: Kasi Sarana Prasarana Dispendik Gresik Mat Salim (kiri) mengecek kedatangan komputer di aula dispendik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia