Jawa Pos

Tembus 769.903 Laporan SPT

Kepala DJP Jatim II Pantau Pelayanan

-

GRESIK – Ribuan orang memenuhi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gresik Utara kemarin. Mereka adalah wajib pajak (WP) orang pribadi yang melaporkan SPT tahunan. Apalagi, 31 Maret merupakan hari terakhir penyerahan SPT.

Pada hari terakhir kemarin, KPP membuka pelayanan sampai pukul 17.00. Kepala Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim II Neilmaldri­n Noor datang untuk memantau pelayanan. Dia mengunjung­i KPP Pratama Gresik Utara dan Selatan. ’’Saya ingin memastikan pelayanan berjalan lancar,’’ katanya kemarin.

Ternyata, lanjut Neilmaldri­n, pelayanan berjalan lancar meski hari libur. ’’Petugasnya tetap semangat,’’ sambungnya.

Neilmaldri­n menyampaik­an, aplikasi e-filing seharusnya mempermuda­h pelaporan SPT. Sebab, WP tidak harus pergi ke kantor pajak. Mereka bisa mengisinya saat waktu senggang via online. Hal itu bisa membikin mudah dan praktis. Namun, ternyata masyarakat tetap menyerbu kantor-kantor pajak. Termasuk di Gresik. ’’Mungkin banyak yang kurang sreg sehingga datang langsung ke kantor pajak. Tidak masalah,’’ ujarnya.

Selain Gresik, pihaknya aktif memantau 18 kabupaten/kota yang termasuk wilayah DJP Jatim II. Sehari sebelumnya, Neilmaldri­n melakukan pemantauan di Mojokerto dan Sidoarjo.

Kasi Pelayanan KPP Pratama Gresik Utara Achmad Hasanudin menambahka­n, hingga kemarin siang, total ada 769.903 laporan SPT. ’’Kecenderun­gan wajib pajak memang mengisi pada waktu-waktu terakhir,’’ ujarnya.

Petugas, lanjut Hasanudin, sampai kewalahan. Pihaknya pun memberlaku­kan penjagaan dalam tiga sif. Tujuannya, pelayanan kepada wajib pajak tidak terganggu.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? PELAYANAN: Neilmaldri­n Noor (berdiri) meninjau pelayanan pelaporan SPT di KPP Pratama Gresik Utara.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS PELAYANAN: Neilmaldri­n Noor (berdiri) meninjau pelayanan pelaporan SPT di KPP Pratama Gresik Utara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia