Jawa Pos

Banyak WP Buat EFIN

Hari Terakhir Pelaporan SPT di KPP Pratama Gubeng

-

SURABAYA – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gubeng buka kemarin (31/3). Para staf melayani hari terakhir pelaporan SPT tahunan wajib pajak (WP) orang pribadi. Kantor pajak yang melayani dua kecamatan itu diserbu para karyawan yang membutuhka­n electronic filing identifica­tion number (EFIN).

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitka­n Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-filing. Tren pelaporan online dinilai para wajib pajak lebih efisien ketimbang mengisi manual.

Namun, ada juga yang meminta bantuan staf KPP Pratama untuk membantu pengisian. Beberapa orang masih awam dengan sistem online tersebut. Jadi, mereka harus menuntun para wajib pajak untuk mengisi formulir.

Kasi Pengawasan dan Konsultasi KPP Pratama Gubeng Suhendro mengatakan, antrean pada hari terakhir jauh lebih sepi daripada sebelumnya. Menurut dia, banyak orang yang sengaja meluangkan hari libur panjang untuk berlibur. ’’Malah puncak antrean kami paling banyak jatuh pada Kamis (29/3),’’ paparnya.

Meski demikian, KPP Pratama Gubeng tetap menyediaka­n dua sif pelayanan kemarin. ’’Tiap sif ada 50 orang yang bertugas. Tenda yang kami sediakan pun sudah tujuh hari ini berdiri,’’ tuturnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjut Hendro, tahun ini banyak wajib pajak yang mengurus EFIN ketimbang melaporkan SPT tahunan secara manual. Dari 250 kunjungan kemarin, sebagian besar memproses EFIN. ’’Mereka ada yang baru membuat atau lupa dengan password-nya,’’ paparnya.

Suasana berbeda tampak di lantai 4 gedung KPPPratama Gubeng. Disanaada 18 counter yang siap membantu wajib pajak untuk melaporkan SPT. Namun, tempat tersebut khusus bagi pelakuusah­a. Meskiantre­antidak sepadatKam­is, seluruh counteryan­g tersedia terisi para wajib pajak.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? BERI PENGARAHAN: Staf KPP Pratama Gubeng, Ayu Rachmawati Effendi (kiri), memandu Joko Hermanuadi untuk pelaporan SPT tahunan melalui sistem online kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS BERI PENGARAHAN: Staf KPP Pratama Gubeng, Ayu Rachmawati Effendi (kiri), memandu Joko Hermanuadi untuk pelaporan SPT tahunan melalui sistem online kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia