Jawa Pos

Pemohon SIM Membeludak saat Libur Panjang

-

SURABAYA – Libur panjang tidak lantas membuat masyarakat Surabaya enggan mengurus suratsurat penting. Hal itu dibuktikan dengan membeludak­nya antrean pemohon di SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (31/3). Mulai pukul 10.00 hingga 12.00 saja sudah ada 150 pemohon yang memperpanj­ang surat izin mengemudi (SIM).

Mereka diberi tiga kali kesempatan untuk melakukan permohonan. Kloter pertama dilangsung­kan pukul 10.00–12.00. Kloter kedua dijadwalka­n pukul 13.30–17.00 dan kloter terakhir berlangsun­g pukul 18.30–20.00.

Pada kloter pertama kemarin antrean sudah cukup panjang. Salah satunya Suhari. Pria 52 tahun itu datang untuk mengambil SIM yang sudah diurus pada Senin (12/3). SIM Suhari memang tidak keluar pada hari itu juga. Saat itu petugas kehabisan bahan untuk membuat SIM. ’’Jadi, saya diminta ambil di lain waktu,’’ ucapnya.

Pria asli Tuban tersebut sengaja mengambil SIM-nya pada Sabtu. Sebab, dia disibukkan berbagai macam pekerjaan. Meski begitu, pria yang berdomisil­i di Banyu Urip itu mengapresi­asi kinerja para petugas. Sebab, mereka masih memberikan pelayanan saat hari libur. ’’Mungkin sarannya cuma jangan sampai habis lagi bahannya biar langsung jadi,’’ ucapnya.

Kanit Regident Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Sigit Indra mengungkap­kan, pihaknya siap melayani masyarakat kapan pun. Termasuk saat libur panjang. Hanya, SIM Corner memang ditutup ketika hari libur nasional. ’’Baru buka lagi keesokan harinya,’’ tambahnya.

Sigit menjelaska­n, membeludak­nya pemohon di SIM Corner merupakan fenomena biasa. Apalagi setelah hari libur nasional. Namun, kali ini kondisi itu hanya terjadi pada warga Surabaya. Mereka yang tidak menghabisk­an waktu libur di luar kota memilih mengurus surat-surat berkendara­nya. ’’Karena mungkin baru ini mereka mendapat waktu luang,’’ papar Sigit.

Hal itu terbukti dari pantauan Jawa Pos di lapangan. SIM Corner di Taman Bungkul terlihat sepi dari pengunjung. Di lokasi tersebut, masyarakat luar kota bisa memperpanj­ang SIM yang masa berlakunya habis. ’’Biasanya akan kembali seperti semula pada Senin,’’ tambah perwira dengan tiga balok di pundak tersebut.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? TETAP PADAT: Para pemohon SIM mengantre di SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (31/3).
GALIH COKRO/JAWA POS TETAP PADAT: Para pemohon SIM mengantre di SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (31/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia