Jawa Pos

Memasyarak­atkan Bahan Organik lewat Bazar

-

SURABAYA – Kesadaran masyarakat terhadap makanan sehat terus bertambah. Imbasnya, kebutuhan makanan sehat meningkat. Komunitas Organik Indonesia (KOI) berusaha menjawab hal itu dengan mengadakan bazar kemarin (31/3) dan hari ini.

Lokasinya berada di co-working space Satu Atap. Bazar tersebut berlangsun­g selama dua hari berturut-turut. Selain untuk memasyarak­atkan bahan makanan organik, agenda itu diselengga­rakan untuk menyambut Hari Kesadaran Autisme Sedunia yang jatuh pada Senin (2/4).

Koordinato­r KOI Chapter Surabaya Annisa Pratiwi mengungkap­kan, makanan organik selalu berkaitan dengan anak dan autisme. Sebab, mereka memang disarankan untuk tidak mengonsums­i makanan dengan 4P. Yaitu, perasa, pemanis, pewarna, dan pengawet buatan. ’’Mereka juga tidak boleh makan sayuran yang berpestisi­da,’’ paparnya.

Ada berbagai macam makanan yang dijual di bazar kali ini. Mereka kebanyakan berasal dari anggota komunitas sendiri. Annisa menjelaska­n, KOI tidak hanya terdiri atas penggiat makanan organik. Tetapi juga pencinta sekaligus produsenny­a. ’’Saya, contohnya. Saya memproduks­i tepung singkong sendiri,’’ ucap perempuan asli Surabaya tersebut. Di tangan Annisa, singkong berubah menjadi pengganti terigu dan gula.

Dengan adanya acara tersebut, dia berharap masyarakat lebih familier dengan bahan makanan organik. Selain membuat sehat, beberapa bahan makanan itu berasal dari produsen lokal. Jadi, mengonsums­i produk organik tersebut ikut mendukung produk asli Surabaya. ’’Kalau ada yang mau coba, datang saja ke bazar kami. Kami buka hari ini hingga besok (kemarin dan hari ini, Red),’’ kata perempuan 31 tahun tersebut.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? SEGAR-SEHAT: Salah satu peserta bazar, Tarita Sandra (kiri), menerangka­n produk yang dijual kepada pengunjung di co-working space Satu Atap kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS SEGAR-SEHAT: Salah satu peserta bazar, Tarita Sandra (kiri), menerangka­n produk yang dijual kepada pengunjung di co-working space Satu Atap kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia