Jawa Pos

Wilder Sayang, Mari Kita Bertarung!

Joshua Rebut Juara WBO dari Parker

-

: 39 tahun

: Kuba

: 28 menang (24 KO), 1 kalah Luiz ’’King Kong’’ Ortiz sempat malang melintang dan tak terkalahka­n dalam 28 pertarunga­n. Namun, bulan lalu Deontay Wilder menghentik­an keperkasaa­nnya. Asal Rekor : 38 tahun

: Rusia

: 34 menang (24 KO), 1 kalah Keberhasil­annya mempertaha­nkan gelar WBA Inter-Continenta­l dan kelas berat WBO melawan David Price (31/3) membuatnya dijagokan sebagai lawan Anthony Joshua selanjutny­a.

CARDIFF – Juara dunia tinju kelas berat versi WBA dan IBF Anthony Joshua sukses menambah koleksi sabuk kelas beratnya. Kemarin (1/4) bintang tinju asal Inggris itu menaklukka­n juara dunia versi WBO Joseph Parker melalui kemenangan angka mutlak. Seusai pertarunga­n, dia langsung mengutarak­an hasrat mengumpulk­an satu sabuk mayor tersisa yang belum ada di genggamann­ya, yakni WBC. Saat ini sabuk tersebut masih berada dalam genggaman petarung Amerika Serikat Deontay Wilder.

”Wilder, ayolah Sayang, mari lakukan pertarunga­n itu!” ucap Joshua seusai laga di hadapan 78.000 penonton yang memadati Principali­ty Stadium, Cardiff, Wales, sebagaiman­a dilansir The Guardian.

Dua juri yang bertugas memberikan kemenangan angka mutlak 118-110 untuk Joshua. Satu juri lain memberikan poin yang tak kalah telak, 119-109. Dari data CompuBox, Joshua memang tampil lebih efektif dan efisien. Dia melayangka­n pukulan lebih sedikit daripada Parker. Namun, yang tepat sasaran lebih banyak daripada pukulan lawannya yang asal Selandia Baru itu.

Dengan jangkauan yang lebih baik, Joshua mampu mengatur ritme pertarunga­n melalui pertahanan solid. Sesekali dia menyerang balik dengan beringas. Kecepatann­ya juga tidak mampu diimbangi Parker

Total Joshua melayangka­n 383 pukulan dengan 139 di antaranya tepat mengenai sasaran (36 persen). Sedangkan Parker melayangka­n 492 pukulan, tapi hanya 101 yang masuk (21 persen). ”Saya terus bertahan di belakang pukulan jab. Saya mengontrol­nya dengan jab. Jab yang bagus akan membawamu menjadi yang terbaik di dunia,” kata Joshua.

Hasil tersebut membuat rekor tak terkalahka­n Joshua berlanjut menjadi 21 kali berturut-turut. Namun, kemenangan angka kemarin menjadi yang pertama yang dia dapatkan sepanjang karir. Dalam 20 pertarunga­n sebelumnya, petinju 28 tahun itu menuntaska­n lawanlawan­nya dengan kemenangan KO.

Parker pun mengakui kekalahann­ya. ”Saya kandas oleh seorang juara yang lebih baik malam ini (Sabtu malam atau Minggu pagi WIB, Red),” ucapnya. Hasil kemarin membuat petinju 26 tahun tersebut mengalami kekalahan pertama sepanjang karir. Kini rekor yang dimiliki menjadi 24 kali menang (18 KO) dan 1 kali kalah. ”Saya ingin melakukan duel ini lagi,” kata Parker.

Kemenangan kemarin membuat Joshua mendapat guyuran bayaran GBP 13 juta (Rp 250 miliar). Sedangkan Parker mengantong­i GBP 7 juta (Rp 134 miliar). Bersama Tyson Fury dan Lennox Lewis, Joshua kini tercatat sebagai tiga petinju kelas berat asal Inggris yang pernah sanggup menguasai sabuk juara dunia dari tiga versi badan tinju dunia berbeda.

Beberapa jam setelah duel itu berakhir, Wilder langsung merespons tantangan Joshua. Dia meminta Joshua menghentik­an omong kosongnya. ”Berhentila­h berbohong. Ayo segera buat (duel) ini benar-benar terjadi. Mari buktikan siapa yang terbaik,” tegas petinju berjuluk The Bronze Bomber tersebut.

Promotor Joshua, Eddie Hearn, menyatakan bahwa negosiasi dengan pihak Wilder bakal mulai dilakukan dua pekan mendatang. Pihak Joshua sudah menunjukka­n keinginan agar duel itu berlangsun­g di Inggris dan dilaksanak­an pada musim panas. Pilihannya antara Juni, Juli, atau Agustus. : 32 tahun

: Amerika Serikat

: 40 menang (39 KO), 0 kalah Wilder tujuh kali berhasil mempertaha­nkan gelar juara dunianya. Kemenangan terakhirny­a melawan Luis ’’King Kong’’ Ortiz semakin menegaskan statusnya sebagai salah satu yang terhebat di kelas berat. : 26 tahun

: Selandia Baru

: 24 menang (18 KO), 1 kalah Sebelum kalah melawan Anthony Joshua kemarin, Parker sukses menyapu bersih kemenangan dalam 24 pertarunga­n secara beruntun.

 ?? ANDREW COULDRIDGE/REUTERS ?? HAJAR: Bintang tinju Inggris Anthony Joshua (kiri) mendaratka­n pukulan keras ke wajah petinju Selandia Baru Joseph Parker pada pertarunga­n unifikasi gelar kelas berat dunia di Principali­ty Stadium, Cardiff, Wales, kemarin WIB.
ANDREW COULDRIDGE/REUTERS HAJAR: Bintang tinju Inggris Anthony Joshua (kiri) mendaratka­n pukulan keras ke wajah petinju Selandia Baru Joseph Parker pada pertarunga­n unifikasi gelar kelas berat dunia di Principali­ty Stadium, Cardiff, Wales, kemarin WIB.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? ANTHONY JOSHUA
Usia : 28 tahun
Asal : Inggris
Rekor : 21 menang (20 KO), 0 kalah Sudah menahbiska­n diri sebagai satu bintang olahraga terbesar di Inggris Raya. Joshua juga berpeluang menjadi salah seorang bintang tinju terbesar sepanjang masa.
ANTHONY JOSHUA Usia : 28 tahun Asal : Inggris Rekor : 21 menang (20 KO), 0 kalah Sudah menahbiska­n diri sebagai satu bintang olahraga terbesar di Inggris Raya. Joshua juga berpeluang menjadi salah seorang bintang tinju terbesar sepanjang masa.
 ??  ?? DEONTAY WILDER Usia
Asal
Rekor
DEONTAY WILDER Usia Asal Rekor
 ??  ?? JOSEPH PARKER Usia
Asal
Rekor
JOSEPH PARKER Usia Asal Rekor

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia