Jawa Pos

Indonesia Peringkat Kedua Destinasi Wisata Halal

-

JAKARTA – Peringkat Indonesia sebagai destinasi utama pasar wisata muslim global membaik. Berdasar riset Mastercard-CrescentRa­ting Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018, Indonesia berada di urutan kedua bersama Uni Emirates Arab dengan skor 72,8. Posisi pertama diduduki Malaysia dengan skor 80,6.

Capaian Indonesia tersebut lebih baik daripada 2017. Saat itu Indonesia berada di urutan ketiga di bawah Malaysia dan UEA. Indonesia juga berhasil melanjutka­n tren positif setelah pada 2016 hanya di peringkat enam. ”Indonesia mengalami perkembang­an positif setiap tahunnya,” ujar CEO CrescentRa­ting & HalalTrip MasterCard Fazal Bahardeen di Pullman Hotel Jakarta kemarin (11/4).

Dia menjelaska­n, ada empat hal yang menjadi kunci penilaian dalam riset tersebut. Yakni, akses transporta­si, ketersedia­an informasi, pilihan destinasi, dan kebersihan lingkungan.

Di antara empat aspek tersebut, Indonesia memiliki keunggulan pada pilihan destinasi dan ketersedia­an informasi penyedia layanan wisata yang baik. Untuk aspek akses umum menuju destinasi wisata dan kebersihan lingkungan, Indonesia masih tertinggal. Dengan fakta tersebut, Fazal menilai, perlu ada pembenahan agar Indonesia bisa semakin bersaing.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sejumlah upaya terus dilakukan pemerintah. Salah satu tujuan pembanguna­n infrastruk­tur yang masif adalah membuka akses transporta­si. ”Target kita mengalahka­n Malaysia pada 2019,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia