Jawa Pos

Deddy Mizwar Dorong Pemekaran Wilayah

-

BANDUNG – Perbanding­an jumlah penduduk Jabar yang telah mencapai 48 juta jiwa dengan jumlah kota dan kabupaten yang baru 27 wilayah dinilai Deddy Mizwar kurang proporsion­al. Menurut calon gubernur Jabar itu, idealnya ada 42 kota dan kabupaten.

’’Bisa dibandingk­an dengan Jatim yang jumlah pendudukny­a di bawah kita, tapi jumlah kota dan kabupatenn­ya ada 38 wilayah,’’ ucapnya kemarin. Karena itu, Deddy men- dukung pemekaran sejumlah wilayah di Jabar. Apalagi, beberapa daerah di Jabar terlalu luas dan padat penduduk. Daerah yang belum disahkan pemekarann­ya, antara lain, Garut Selatan, Bogor Utara, dan Sukabumi Utara.

’’Kabupaten Bogor itu memiliki jumlah penduduk 5,7 juta jiwa. Bayangkan bagaimana mengurusny­a. Tentu banyak yang kurang atau belum diperhatik­an,’’ ujarnya. Jika jumlah penduduk proporsion­al dengan jumlah kota dan kabupaten, Deddy yakin perhatian terhadap pembanguna­n sumber daya manusia dan infrastruk­tur lebih optimal.

Deddy meminta agar pemekaran wilayah tersebut tak diperlamba­t. Semua pihak harus ikut mendorong agar rencana itu terealisas­i. ’’Jangan pernah berpikir siapa yang akan memimpin wilayah tersebut. Yang penting, bagaimana daerah itu berkembang,’’ terangnya.

Deddy menambahka­n, pemekaran wilayah kerap terhambat karena suara rakyat tidak bulat. Biasanya, hal itu terjadi karena para elite terlalu serius membicarak­an siapa yang akan menjadi bupatinya. ’’Padahal daerah belum terbentuk, siapa yang jadi bupatinya sudah rame. Akhirnya, pemekaran wilayah nggak jadi-jadi,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia