Jawa Pos

Trump Jadi Bahan Olok-Olok Anak Ketakutan

-

MENYERANG kepala negara dengan kabar hoax, sepertinya, memang sudah menjadi fenomena global. Di negara yang lebih maju seperti Amerika Serikat pun, Presiden Donald Trump kerap menjadi sasaran kabar hoax. Bahkan yang remehtemeh seperti video editan tentang kunjungan Trump.

Itulah yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. Di YouTube ataupun Instagram

banyak bertebaran video tentang anak kecil yang ketakutan karena kedatangan Donald Trump. Kebanyakan dari video itu diberi judul Kids Scared of Trump.

Dalam video tersebut, seorang anak perempuan berbaju merah menjerit ketakutan karena Trump datang ke kelas sekolahnya.

Ternyata video itu hoax. Yang ada dalam video tersebut adalah hasil gabungan dua video berbeda. Video pertama sama plek dari video yang diunggah channel YouTube media ABC News. Dikutip dari ABC News,

pada 5 Oktober 2016, Trump yang waktu itu menjadi kandidat presiden dari Partai Republik mengunjung­i kelas tingkat pertama di Internatio­nal Christian Academy. Sebuah sekolah privat di Nevada.

Dalam video ABC News tampak Trump bercengker­ama dengan guru dan murid. Bahkan, ada seorang murid perempuan dengan pakaian merah yang diundang ke depan untuk diajak bicara Trump. Tak ada teriakan histeris dari si anak perempuan itu.

Ternyata anak perempuan yang histeris dalam video berjudul Kids Scared of Trump merupakan orang berbeda. Video anak perempuan menjerit ketakutan tersebut berasal dari sebuah video humor. Si anak perempuan itu ketakutan karena kedatangan badut kelinci yang membawa telur atau Easter Bunny. Easter Bunny alias Kelinci Paskah merupakan karakter yang sudah melegenda seperti halnya Sinterklas.

Trump memang kerap menjadi objek hoax. Dia pernah dikabarkan mabuk berat dan bertingkah seperti anak kecil di sebuah taman kanak-kanak (TK). Padahal, itu hanya acara parodi yang aktornya memerankan karakter Trump.

Ada juga Trump yang disebut menampar wali kota atau gubernur Mexico City. Padahal, sebenarnya Trump membuat gimmick menampar koleganya dari World Wrestling Entertainm­ent (WWE).

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia