Jawa Pos

Belum Gambarkan Peta Kekuatan Asia

Test Event Sambo

-

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) menggelar test event Asian Games 2018 di Lagoon Hotel Sultan pada 11–12 April. Enam negara kawasan Asia Tenggara ikut ambil bagian. Total 71 atlet bertanding untuk menjadi yang terbaik.

Sebanyak 15 nomor dipertandi­ngkan. Namun, nanti hanya empat nomor yang ada di Asian Games 2018. Yakni, kelas 52 kg putra, -90 kg putra, 48 kg putri, dan 68 kg putri. Dua atlet sambo Merah Putih berjaya di nomor 52 kg kemarin. Mereka adalah Imam Maulana Mutaqqin dan Mohamad Wahyudi.

Masing-masing berhasil menjadi juara dan runnerup. ’’Bersyukur bisa menang. Setidaknya membayar latihan saya,’’ ucap Imam. Meski begitu, dia belum puas. Sebab, targetnya bukan saat test event, melainkan ketika Asian Games Agustus nanti.

Sementara itu, di nomor -90 kg putra, Rio Akbar Bahari harus puas di posisi kelima. Dia kalah oleh Mohamed Ezzat bin Mahmed Noor yang akhirnya berhasil merebut medali perak. Atlet sambo Indonesia lainnya, Yosi Siswanto, mampu meraih medali perunggu.

Sambo adalah akronim dari samozashch­ita bez oruzhia, yang berarti pertahanan diri tanpa senjata. Itu seni bela diri dari Rusia yang menggabung­kan gulat dengan judo.

Ketua PP Persambi Krisna Bayu mengapresi­asi kerja keras atletnya. Test event tersebut, lanjut dia, masuk agenda latih tanding atlet sambo pelatnas Asian Games.

KELAS BERAT: Atlet sambo Indonesia Akbar Bahari Riau (atas) bertarung dengan atlet Filipina Larida Ace di kelas 90 kg pada ajang 1st South East Asia Sambo Championsh­ip Road to Asian Games 2018 di Lagoon Hotel Sultan, Jakarta, kemarin (11/4). Cabor sambo termasuk yang dipertandi­ngkan di Asian Games 2018 Agustus nanti.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ??
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia