Jawa Pos

Timnas Polo Air Absen di FAI

Jalani TC di Serbia

-

SURABAYA – Ada yang tidak lengkap pada Festival Akuatik 2018 di Surabaya dan Sidoarjo. Tim pelatnas putra cabor polo air untuk Asian Games dipastikan absen. Sebab, saat ini para atlet sedang menjalani tryout di Serbia.

Sejak Minggu (8/4), mereka sudah berada di negara pecahan Yugoslavia dan akan menetap hingga 25 April mendatang. Agenda selama berada di negara asal pelatih asing polo air Milos Sakovic itu adalah latihan tanding dengan sekitar 20 tim lokal. Sejauh ini, tim Indonesia baru bertanding dengan dua tim.

’’Jadi, setiap hari bisa punya lawan yang berbeda. Apalagi lawan di Asian Games nanti levelnya sudah beda dengan timnas,’’ ucap Tengku Dean Baldwin, pelatih tim nasional polo air.

Dean menyatakan, pemusatan latihan cabang polo air baru diadakan awal Februari lalu. Praktis, hingga kini, mereka baru berlatih strategi selama dua bulan. Karena itu, tim pelatih ingin menguji hasil latihan dengan memperbany­ak sparring di Serbia. Sejauh ini, hasilnya timnas masih mengalami trial and error.

Timnas polo air Indonesia ditarget harus mampu meningkatk­an taktik permainan lebih da- ripada sebelumnya. Sebab, lawan yang dihadapi di Asian Games bukan lagi kelas SEA Games. Mereka harus membiasaka­n diri berhadapan dengan tim lawan yang lebih besar secara fisik, teknik, maupun kecepatann­ya. Meski tidak ditarget medali oleh Kemenpora, Dean bertekad memberikan yang terbaik.

Kabidhumas dan Promosi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Zoraya Perucha Reva menuturkan, timnas putri polo air tetap akan mengikuti FAI 2018. Batasan usia 20 tahun pada kejuaraan polo air tingkat nasional tak jadi masalah. Sebab, rata-rata atlet pelatnas masih masuk kualifikas­i. ’’Timnas harus terbiasa dengan suasana pertanding­an,’’ ujar mantan perenang nasional dan artis era 80-an itu.

 ?? PB PRSI FOR JAWA POS ?? BERBAUR: Atlet polo air Indonesia bersama para atlet polo air Serbia di Novi Sad, Serbia. Mereka menjalani tryout hingga 25 April.
PB PRSI FOR JAWA POS BERBAUR: Atlet polo air Indonesia bersama para atlet polo air Serbia di Novi Sad, Serbia. Mereka menjalani tryout hingga 25 April.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia