Jawa Pos

Api Padam Kurang dari Satu Jam

-

SURABAYA – Kebakaran terjadi di salah satu gudang kontraktor lantai 13 Tunjungan Plaza 6 kemarin (11/4). Gudang tersebut berada di area proyek pembanguna­n gedung. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Api berhasil dipadamkan kurang dari satu jam. Penanganan berlangsun­g cepat berkat efektivita­s hydrant dan pekerja di area tersebut. Mereka sigap bekerja sama dengan petugas PMK dan kepolisian.

Menurut saksi, pukul 11.40 terdengar ledakan. Setelah itu, keluar asap hitam. Asap mengepul di lantai 13 dan sekitarnya. Lantai tersebut merupakan area kosong. Tidak ada bangunan. Hanya tampak tumpukan peralatan untuk kepentinga­n konstruksi. ’’Api tidak begitu tampak, cuma asap hitam,’’ ucap Budi Waluyo, salah seorang pekerja.

Pekerja di sekitar lokasi semburat. Hydrant di lantai 13 dan 14 diaktifkan. Setelah api padam, asap hitam menyebar melalui blower ke lantai-lantai di atasnya. Akibatnya, suhu udara di atas lantai 13 naik tajam. Ari Bekti, salah seorang petugas PMK, mengatakan bahwa suhu di lantai 19 mencapai 70 derajat Celsius. ’’Cukup panas, kulit bisa terluka,’’ ucapnya

Meski sudah padam, petugas tetap menyemprot­kan air ke titik awal api. Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan api tidak kembali menyala. Selain itu, pembasahan dilakukan untuk mengurangi suhu panas yang menyebar. Sebanyak 11 mobil PMK didatangka­n. Termasuk mobil PMK terbaru, Bronto Skylift, yang mampu menjangkau ketinggian 104 meter.

Mobil-mobil PMK itu berada di Jalan Embong Malang. Akibatnya, arus lalu lintas menuju kawasan tersebut macet. Antrean kendaraan mengular hingga Jalan Basuki Rahmat. Meski api sudah padam dan pembasahan telah dilakukan, Kepala Dinas PMK Surabaya Chadra Oratmangun bersama Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan tetap ingin memastikan seluruh lantai aman. Mereka menyisir setiap lantai dengan menggunaka­n tangga darurat. ’’Semua harus diperiksa,’’ papar Chandra.

Penyisiran berlangsun­g lebih dari 20 menit. Setelah yakin aman, Chandra dan Rudi kembali ke lantai 13 untuk melihat titik kebakaran. Kebakaran ditengarai terjadi akibat blower di lantai tersebut mengalami korsleting sehingga memunculka­n percikan api. Barang-barang di area sekitar merupakan material yang mudah terbakar.

Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosid­i mengatakan, kebakaran terjadi di gudang kontraktor di gedung proyek perkantora­n Superblock Tunjungan Plaza (TP) lantai 13. Peristiwa itu tidak mengganggu aktivitas mal di TP. ’’Semua masih berlangsun­g normal,’’ ungkapnya.

Para pengunjung mal merasa tidak terganggu. Bahkan, banyak yang tidak tahu bahwa ada kebakaran. ’’Saya sedang makan di TP 6. Tidak ada apa-apa. Di dalam terasa biasa saja. Baru tahu ada kebakaran justru pas keluar mal,’’ ungkap Mirra, salah seorang pengunjung.

Dokter Bunuh Diri Di tengah pembasahan kebakaran itu, ada peristiwa lain di Tunjungan Plaza 3. Seorang pria ditemukan tergeletak tidak bernyawa di pintu keluar area parkir. Pria yang diidentifi­kasi bernama Michael Mulyono tersebut ditengarai bunuh diri. Polisi berhasil menemukan barang-barang miliknya di loading dock Tunjungan Plaza (TP) 6, tempatnya meloncat.

Pria 27 tahun itu ditemukan pukul 14.07. Posisinya tengkurap. Tidak ada bekas darah di TKP. Baju batik berwarna dasar putih miliknya pun tidak terlihat rusak. Namun, denyut nadi sudah tidak bisa dideteksi. Begitu menemukan warga Kedungdoro itu, area TKP langsung disterilka­n. ’’Kami langsung melakukan olah TKP,’’ kata Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo.

Dari hasil penyelidik­an, diketahui bahwa Michael adalah seorang dokter. Menurut Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Sudamiran, Michael mengalami tekanan batin karena gagal masuk program spesialis. ’’Dua kali dia daftar program itu,’’ jelasnya.

Polisi menemukan berbagai macam obat-obatan di tasnya. Selain itu, terdapat sebuah jarum suntik yang masih kosong. Dugaan lainnya, korban berada di bawah pengaruh obat-obatan. Namun, obat tersebut bisa jadi tidak dikonsumsi secara pribadi. ’’Tapi diberikan ke pasiennya, kan siapa yang tahu?’’ papar Sudamiran.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? PASTIKAN AMAN: Petugas PMK menaiki skylift baru milik pemkot yang mampu menjangkau ketinggian
104 meter untuk memantau efek kebakaran yang terjadi di area konstruksi lantai 13 TP 6 kemarin.
ZAIM ARMIES/JAWA POS PASTIKAN AMAN: Petugas PMK menaiki skylift baru milik pemkot yang mampu menjangkau ketinggian 104 meter untuk memantau efek kebakaran yang terjadi di area konstruksi lantai 13 TP 6 kemarin.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? IMBAS KEBAKARAN: Kemacetan terjadi di sepanjang Jalan Basuki Rahmat.
DIPTA WAHYU/JAWA POS IMBAS KEBAKARAN: Kemacetan terjadi di sepanjang Jalan Basuki Rahmat.
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? EVAKUASI: Jasad Michael Mulyono, korban bunuh diri, dibawa meninggalk­an TKP.
ZAIM ARMIES/JAWA POS EVAKUASI: Jasad Michael Mulyono, korban bunuh diri, dibawa meninggalk­an TKP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia