Jawa Pos

Merawat tanpa Sering Menyiram

-

SURABAYA – Sibuk bekerja tapi tetap pengin menyalurka­n hobi memelihara tanaman? Pelihara saja kaktus. Tak perlu khawatir lupa merawat atau menyiramny­a. Sebab, tanaman yang satu itu justru layu kalau sering diguyur air.

Bentuknya yang unik dan mungil membuat tanaman tersebut cocok sebagai hiasan di rumah. Puluhan kaktus yang berjejer di lantai basement PTC membuat beberapa pengunjung penghobi tanaman mampir. Salah satu yang banyak dicari adalah gymnocactu­s (Turbinicar­pus).

Gymno punya ukuran sebesar bola tenis. Bentuknya sedikit bundar dengan duri-duri kuning panjang yang keluar dari batangnya. Gabungan antara hijau pada batang tubuh dan kuning pada duri kaktus memberikan kesan eksotis pada tanaman itu.

Ada pula kaktus siklam. Masih dari genus Turbinicar­pus. Namun, siklam lebih berwarna dan memiliki duri yang relatif lebih pendek. Kaktus siklam lebih cantik. Sebab, ia memiliki bunga dengan warna beragam yang bakal muncul dari batang pohon. Jenis lainnya adalah oldman. ’’Tiga kaktus tersebut paling banyak dicari,’’ terang Njoman Rianaasih, penghobi sekaligus penjual tanaman kaktus, kemarin (11/4).

Ada puluhan jenis kaktus yang dibudidaya­kannya. Bibit itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan merupakan pembibitan dari beberapa kaktus luar negeri. Dia menambahka­n, rata-rata usia kaktus dapat mencapai 20 tahun. Nah, kaktus-kaktus di lapaknya kemarin berusia 1–5 tahun. Ukuran yang paling besar mirip bola tenis. ’’Mereka masih bisa tumbuh lebih besar,’’ lanjutnya.

Njoman menerangka­n, kaktus dapat stres dan mati. Salah satu pemicunya, sang pemilik menyiramny­a terlalu sering dan rutin.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BENTUKNYA MENARIK: Njoman Rianaasih membibitka­n kaktus. Beberapa kaktus hasil pembibitan dipasarkan di PTC.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BENTUKNYA MENARIK: Njoman Rianaasih membibitka­n kaktus. Beberapa kaktus hasil pembibitan dipasarkan di PTC.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia