Jawa Pos

Server Lemot, Sehari Hanya Bisa Cetak 5 Lembar

-

SURABAYA – Petugas Kecamatan Benowo dan Pakal harus sabar menghadapi lambatnya server untuk pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Akibat kondisi itu, petugas hanya bisa mencetak lima e-KTP per hari.

Kepala Seksi Pemerintah­an Kecamatan Benowo Dariyanto mengatakan, kejadian itu disebabkan adanya gangguan server dari pusat. ”Tak jarang petugas di kantor sampai pukul 19.00 karena menunggu servernya jalan,” ucapnya kemarin (11/4). Pernah pula dalam sehari mereka tidak mencetak e-KTP sama sekali. ”Wes sering koyok ngunu nak kene (sudah sering di sini seperti itu, Red),” ucap salah seorang petugas.

Menurut data dari Kantor Kecamatan Benowo, ada 2.925 data e-KTP yang siap dicetak, tapi terhambat. Pencetakan KTP untuk Kecamatan Pakal pun ikut terdampak. Sebab, mesin cetak di Benowo juga melayani warga Pakal. ”Saya sering ke kantor Kecamatan Benowo. Tapi, setiba di sini, server lambat,” ucap Iskandar, petugas Kecamatan Pakal.

Dariyanto menjelaska­n pihak kecamatan Benowo menginform­asikan ke kelurahan bahkan RT terkait pengusulan pencetakan e-KTP. Warga juga diimbau nantinya dalam pengusulan pencetakan harus membawa foto kopi Kartu Kelurga atau dengan membawa surat keterangan pengganti e-KTP. ”Kurang lebih satu minggu, setalah proses pengajuan e-KTP itu selsesai,” ucapnya. Bagi yang berhalanga­n untuk mengurus surat pengusulan bisa diwakilkan oleh anggota keluarga.

Kepala Seksi Identitas Penduduk Dispendukc­apil Kota Surabaya Laily Susanti mengatakan, gangguan lemotnya server tidak hanya dialami Kecamatan Benowo. ”Banyak kecamatan lain yang mengeluhka­n hal sama,” katanya. Sebab, gangguan itu berada di server pusat sehingga banyak yang terdampak.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? SABAR: Petugas pencetakan e-KTP di Kecamatan Benowo tak bisa bekerja leluasa karena server lambat.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS SABAR: Petugas pencetakan e-KTP di Kecamatan Benowo tak bisa bekerja leluasa karena server lambat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia