Jawa Pos

Simulasi Kebakaran untuk Belajar K3

-

SURABAYA – PT Pelindo Husada Citra kemarin mengadakan pelatihan dan simulasi evakuasi bencana kebakaran di kawasan rumah sakit PHC Surabaya. Pukul 12.00 saat matahari berada di ubun-ubun, para pegawai di lingkungan Pelindo Husada Citra mengikuti pelatihan memadamkan api sebelum akhirnya dihadapkan pada simulasi kebakaran yang sebenarnya.

’’Jadi, pegawai mampu memahami dan mengimplem­entasikan ilmuK3(kesehatand­ankeselama­tan kerja) minimal di internal perusahaan sendiri,’’ papar Direktur Operasiona­l PHC dr Ikawati.

Simulasi itu dibagi menjadi tiga, yakni kebakaran, penculikan anak, dan pencurian kendaraan bermotor. ’’Jadi, ceritanya nanti ada ledakan di daerah genset yang mengakibat­kan kebarakan,’’ ujar Humas RS PHC Husninatul Ghassani. Setelah kebakaran terjadi, dilanjutka­n dengan evakuasi pasien.

Setting pun berpindah ke ruang pemeriksaa­n kandungan dan anak. Di sana terlihat sepasang suami istri yang memeriksak­an bayinya. Namun, mereka lupa menggendon­g bayinya kembali saat evakuasi sehingga semua pengunjung mulai panik.

Situasi seperti itulah yang sangat diwanti-wanti PT Pelindo Husada Citra. Uniknya, semua peserta benar-benar tidak diberi tahu jalan cerita kejadian simulasi. ’’Yang tahu hanya pihak panitia, jadi mereka benar-benar bisa menghadapi kejadian secara langsung,’’ tambah Nani, sapaan akrab Husninatul Ghassani.

Dengan dihadapkan pada kejadian yang beruntut tersebut, diharapkan para pegawai dapat bersikap lebih awas dan siap untuk menghadapi kejadian yang bisa terjadi kapan saja itu.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PERTOLONGA­N PERTAMA: Dalam simulasi kebakaran di PT Pelindo Husada Citra, karyawan dilatih agar paham K3.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PERTOLONGA­N PERTAMA: Dalam simulasi kebakaran di PT Pelindo Husada Citra, karyawan dilatih agar paham K3.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia