Jawa Pos

Masih Bocah, tapi Langganan Juara

-

SURABAYA – Burung Elang, Anak Kucing, dan Anak Ayam. Begitu mereka memanggil satu sama lain. Tiga bocah dari SD Muhammadiy­ah 11 Surabaya itu merupakan sebagian kecil anggota ekstrakuri­kuler robot yang langganan menang lomba robot setahun terakhir. Meski tidak di kelas yang sama, ketiganya tampak sangat dekat.

Sambil memegang joystick, M. Gielang Fitrawan Mukhlish yang biasa dipanggil Burung Elang menunjukka­n jalan kerja robot transporte­r miliknya. ’’Ini robot pengangkut atau bisa juga pemindah barang,’’ ucapnya ketika ditemui di perpustaka­an sekolah kemarin. Robot itu meraih juara 1 di ajang JRC9 PENS Surabaya akhir bulan lalu.

Samir, anggota ekskul robotik yang biasa dipanggil Anak Kucing, menambahka­n bahwa robot transporte­r tersebut bisa dibilang agak rumit. ’’Iya, soalnya tomboltomb­olnya hampir semua dipakai. Kalau yang simpel, biasanya hanya menggunaka­n tombol kanan, kiri, atas, bawah,’’ tambahnya. Elang dan Samir sama-sama duduk di bangku kelas V, sedangkan Nabigh M. Raditya yang biasa dipanggil Anak Ayam duduk di bangku kelas III.

Meski baru bergabung dengan ekskul robotik, Radit ternyata punya potensi yang cukup besar. ’’Pas lomba pertama kali pada 2017, saya nggak nyangka bisa ngalahin

Mas Samir,’’ ungkapnya.

Ternyata, yang kerap mereka ikuti adalah perlombaan individu. Lawan mereka juga berasal dari almamater yang sama. ’’Tahun lalu pas lomba robot di lomba karya teknologi (LKT) saya juara I, Radit juara II, yang Samirnya juara III,’’ jelas Elang. Karena tiga juara utama berhasil direbut, sekolah mereka meraih juara umum.

Mereka memang baru mengenal robot saat memasuki kelas III. Namun, dari rasa penasaran dan semangat untuk ingin tahu lebih dalam, mereka berhasil meraih juara-juara tersebut. Radit mengatakan sangat menyukai robot, apa pun bentuknya. ’’Enak kalau pakai robot itu tinggal mencet

ini itu, robotnya yang ngambilin

barang,’’ papar Radit sambil mempraktik­kan cara menjalanka­n robot ketika malas mengambil sesuatu.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TIM JAGOAN: Dari kiri, Samir, Gielang, dan Raditya mengoperas­ikan robot transporte­r di Perpustaka­an SD Muhammadiy­ah 11 kemarin (11/4).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TIM JAGOAN: Dari kiri, Samir, Gielang, dan Raditya mengoperas­ikan robot transporte­r di Perpustaka­an SD Muhammadiy­ah 11 kemarin (11/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia